Text
Hubungan Kecanduan Game Online dengan Prestasi Belajar siswa/siswi SMPN 39 Padang
Perkembangan dunia game online saat ini sudah sangat pesat. Fenomena kecanduan game online diperkirakan dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa/siswi di sekolah. Survei terbaru yang dirilis oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada tahun 2018, menyebutkan pengguna internet aktif tahun 2018 mencapai 171,17 juta pengguna atau sekitar 64,8% dari total populasi Indonesia 264,16 juta orang. Dari data pengguna internet aktif pada tahun 2018, diperkirakan pemain game online di Indonesia berkisar 20,6 juta orang atau sekitar 7,8% dari total pengguna. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kecanduan game online dengan prestasi belajar siswa/siswi SMPN 39 Padang Tahun 2020.
Jenis penelitian ini adalah survey analitik dengan desain cross sectional. Penelitian ini dilakukan tanggal 27 Januari- 29 Januari 2020. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa/siswi di SMPN 39 Padang. Sampel terdiri dari 63 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan metode proportionate stratified random sampling . Data dianalisis secara univariat dan bivariat menggunakan uji chi square (p0,05).
Kesimpulan penelitian ini adalah tidak ada hubungan kecanduan game online dengan prestasi belajar siswa/siswi SMPN 39. Diharapkan dengan penelitian ini orang tua untuk lebih memperhatikan dan membatasi anak dalam menggunakan gadget dalam kehidupan sehari-hari.
Kata Kunci : Kecanduan game online, Prestas belajar
Daftar Bacaan : 25 (2012-2019)
Perkembangan dunia game online saat ini sudah sangat pesat. Fenomena kecanduan game online diperkirakan dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa/siswi di sekolah. Survei terbaru yang dirilis oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada tahun 2018, menyebutkan pengguna internet aktif tahun 2018 mencapai 171,17 juta pengguna atau sekitar 64,8% dari total populasi Indonesia 264,16 juta orang. Dari data pengguna internet aktif pada tahun 2018, diperkirakan pemain game online di Indonesia berkisar 20,6 juta orang atau sekitar 7,8% dari total pengguna. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kecanduan game online dengan prestasi belajar siswa/siswi SMPN 39 Padang Tahun 2020.
Jenis penelitian ini adalah survey analitik dengan desain cross sectional. Penelitian ini dilakukan tanggal 27 Januari- 29 Januari 2020. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa/siswi di SMPN 39 Padang. Sampel terdiri dari 63 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan metode proportionate stratified random sampling . Data dianalisis secara univariat dan bivariat menggunakan uji chi square (p0,05).
Kesimpulan penelitian ini adalah tidak ada hubungan kecanduan game online dengan prestasi belajar siswa/siswi SMPN 39. Diharapkan dengan penelitian ini orang tua untuk lebih memperhatikan dan membatasi anak dalam menggunakan gadget dalam kehidupan sehari-hari.
Kata Kunci : Kecanduan game online, Prestas belajar
Daftar Bacaan : 25 (2012-2019)
Tidak tersedia versi lain