Image of Peranan Kerapatan Adat Nagari Dalam Sosialisasi Adaptasi Kebiasaan Baru Di Kelurahan Kuranji Kota Padang

Text

Peranan Kerapatan Adat Nagari Dalam Sosialisasi Adaptasi Kebiasaan Baru Di Kelurahan Kuranji Kota Padang



Covid-19 merugikan diberbagai bidang seperti kesehatan, ekonomi serta tatanan sosial masyarakat juga ikut terdampak, Kerapatan Adat Nagari (KAN), yang masih memiliki peran yang termuat dalam peraturan daerah Provinsi Sumatera Barat nomor 6 tahun 2014, membuat KAN memiliki hak dan kewajiban dalam membantu pemerintah dalam mengatasi penyebaran virus Corona. Kejelasan status ini secara otomatis membuat KAN memiliki kewenangan yang diakui dengan adanya Perda Nomor 6 Tahun 2020 tentang AKB, pemerintah daerah mengikut sertakan KAN dalam pencegahan Covid-19. sehingga menarik untuk diteliti lebih jauh yaitu peranan KAN dalam Sosialisai AKB di Kelurahan Kuranji Kota Padang Sumatera Barat.

Metode penelitian ini kulaitatif dengan pendekatan deskriptif, lokasi penelitian ini di Kelurahan Kuranji, kompleks Delima RW 08, dengan jumlah informan sebanyak 15 Orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan Obeservasi dan wawancara. Analisis data dalam penelitian yaitu pengumpulan data, mereduksi data, penyajian data dan terakhir verifikasi data.

Hasil penelitian bahwa KAN berperan dalam sosialisasi AKB, dalam pencegahan dan penanggulangan Covid 19 di Kelurahan Kuranji. hasil observasi dan wawancara yang peneliti lakukan terhadap peranan tokoh masyarakat dalam AKB di Kelurahan Kuranji, secara umum peranan sebagai sosialitator dalam kehidupan masyarakat yang dijalankan oleh keempat tokoh masyarakat tersebut sudah berjalan dengan baik. Keempat tokoh masyarakat tersebut memiliki profesi yang berbeda-beda yaitu seorang Niniak Mamak, pemuka agama, Cadiak Pandai, dan Bundo kanduang.

Simpulan dari penelitian mereka menjalankan peranannya sebagai tokoh masyarakat untuk mempengaruhi mengubah perilaku masyarakat, dati sebelumnya kurang menyadari bahaya covid-19 menjadi patuh dan sadar akan Adaptasi kebiasaan baru. Saran yang dapat diberikan kepada masyrakat yaitu disediakannya sumber informasi tentang adaptasi kebiasaan baru dan tata cara melaksanakan protokol kesehatan yang benar.

Kata kunci: Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), Peranan, KAN
Daftar Pustaka : (28) 2010-2020


Ketersediaan

SKRIPSIPK.2121021 Ang pRuangan Koleksi Karya Tulis Ilmiah dan Skripsi Perpustakaan Terpadu Poltekkes Kemenkes Padang (SKRIPSI)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
021 Ang p
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
ix, 54 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this