Image of Asuhan Keperawatan Gangguan Keseimbangan Cairan Dan Elektrolit Pada Pasien DHF Di Puskesmas Gambok Sijunjung Tahun 2019

Text

Asuhan Keperawatan Gangguan Keseimbangan Cairan Dan Elektrolit Pada Pasien DHF Di Puskesmas Gambok Sijunjung Tahun 2019



Angka kejadian pasien DHF di Puskesmas Gambok Sijunjung pada tahun 2018 sebanyak 88 kasus pasien dengan DHF, fenomena yang ditemukan dari adanya salah satu pasien dengan demam tinggi mengalami Hipertermia, mual dan muntah sebanyak 5 kali. Kesenjangan yang ditemukan dilapangan, petugas kesehatan di Puskesmas hanya menganjurkan keluarga pasien DHF untuk melakukan kompres hangat tetapi tidak mengajarkan cara mengompres yang benar. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan asuhan keperawatan gangguan cairan dan elektrolit pada pasien DHF di Puskesmas Sijunjung.

Desain penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Tempat penelitian di Puskesmas Gambok Sijunjung dari bulan Desember 2018 sampai Juni 2019. Populasi adalah pasien DHF yang mengalami gangguan keseimbangan cairan dan elektrolit dengan 1 orang pasien dijadikan partisipan. Alat digunakan Tensimeter, Termometer dan Stetoskop, serta Instrument yang digunakan yaitu Format pengkajian Kebutuhan Dasar. Jenis data penelitian adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan wawancara, pemeriksaan fisik, pengukuran dan studi dokumentasi. Analisis data dengan membandingkan antara teori dengan temuan tahapan proses keperawatan.

Hasil penelitian didapatkan partisipan mengalami mual dan muntah sebanyak 5x, hipertermia dan kurang nafsu makan. Didapatkan 3 diagnosa keperawatan yang muncul yaitu kekurangan volume cairan dan elektrolit berhubungan dengan kehilangan volume cairan yang aktif. Diagnosa kedua yaitu Hipertermi berhubungan dengan proses infeksi virus, diagnosa ketiga yaitu Resiko syok berhubungan dengan penurunan volume plasma.

Rencana keperawatan yang dilakukan sesuai dengan NIC dan sebagian besar dilaksanakan pada implementasi keperawatan dan evaluasi keperawatan terhadap diagnosa ditemukan sebagian dapat teratasi ditandai dengan suhu tubuh kembali normal, mual dan muntah berkurang, nafsu makan sudah lebih baik.

Kata kunci (Key Word): Dengue Hemaragik Fever (DHF), Asuhan Keperawatan
Daftar Pustaka : 21 (2009-2018)


Ketersediaan

KTIKP.19115115 Mar aRuangan Koleksi Karya Tulis Ilmiah dan Skripsi Perpustakaan Terpadu Poltekkes Kemenkes Padang (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
115 Mar a
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
vii, 55 hlm.; 21,5 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this