Image of Asuhan Keperawatan Pada Pasien Dengan Fraktur Femur Di Ruang Bedah Rumah Sakit Tk.III Dr. Reksodiwiryo Padang

Text

Asuhan Keperawatan Pada Pasien Dengan Fraktur Femur Di Ruang Bedah Rumah Sakit Tk.III Dr. Reksodiwiryo Padang



Fraktur yang disebabkan oleh cidera antara lain karena jatuh, kecelakaan lalu lintas dan trauma benda tajam/tumpul. menurut World Health Organization (WHO) pada tahun 2013 terdapat 1,25 juta orang meninggal dunia dan 50 juta orang mengalami fraktur akibat kecelakaan lalu lintas. Dari 45.987 peristiwa terjatuh yang mengalami fraktur sebanyak 1.775 orang (3,8%), dari 20.829 kasus kecelakaan lalu lintas yang mengalami fraktur sebanyak 1.770 orang (8,5%). Data yang diperoleh di ruang bedah RS Tk. III Dr. Reksodiwiryo Padang dalam waktu 3 bulan terakhir tercatat 66 kasus yang mengalami fraktur femur. Tujuan penelitian mendeskripsikan asuhan keperawatan pada pasien dengan fraktur femur di ruang bedah RS Tk. III Dr. Reksodiwiryo Padang.

Desain penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian dilakukan mulai Desember 2019– Juli 2020. Pengambilan kasus tanggal 26 Juni 2020 di ruang bedah RS Tk. III Dr. Reksodiwiryo Padang. Subjek penelitian 1 partisipan, sampel diambil dengan teknik Purposiv Sampling. Instrumen pengumpulan data berupa format pengkajian – evaluasi, pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis dengan membandingkan semua temuan pada tahapan proses keperawatan.

Hasil penelitian pada partisipan mengalami fraktur femur disebabkan karena kecelakan. Partisipan mengalami nyeri sedang, diagnosis yang diangkat nyeri akut, gangguan mobilitas fisik dan resiko infeksiintervensi untuk masingmasing diagnosia yaitu manajemen nyeri, aromaerapi, ambulasi, dukungan mobilisasi. Implementasi dilakukan selama 7 hari, evaluasi pada partisipan masalah teratasi pada hari ke 7 dengan kriteria hasil pasien mengatakan nyeri telah berkurang, tanda – tanda vital normal masalah teratasi dan intervensi dihentikan.

Disarankan untuk Rumah Sakit Tk.III Dr. Reksodiwiryo Padang melalui direktur rumah sakit diharapkan perawat ruangan dapat memberikan asuhan keperawatan secara optimal kepada pasien mulai dari melakukan pengkajian ulang sehingga data-data yang diperoleh mendukung untuk ditegakkannya diagnosa serta rencana dan tindakan keperawatan.

Kata Kunci : Fraktur Femur, Asuhan Keperawatan
Daftar Pustaka : 17 (2012-2020)


Ketersediaan

KTIKP.20133133 Mus aRuangan Koleksi Karya Tulis Ilmiah dan Skripsi Perpustakaan Terpadu Poltekkes Kemenkes Padang (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
133 Mus a
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
x, 60 hlm.; 21,5 x 29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this