Image of Asuhan Keperawatan Gangguan Pemenuhan Nutrisi Pada Anak Stunting Yang Berkunjung Ke Puskesmas Parit Pasaman Barat

Text

Asuhan Keperawatan Gangguan Pemenuhan Nutrisi Pada Anak Stunting Yang Berkunjung Ke Puskesmas Parit Pasaman Barat



Indonesia sebagai negara ketiga dengan angka prevalensi stunting tertinggi di Asia pada 2017. Angkanya mencapai 36,4%. Tinggi angka kejadian stunting pada anak disebabkan masih banyaknya anak yang tidak mendapatkan gizi yang seimbang sesuai dengan umurnya, serta kurang pengetahuan keluarga mengenai gangguan pemenuhan nutrisi pada anak stunting. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan asuhan keperawatan keluarga pada anak stunting yang mengalami gangguan pemenuhan nutrisi, meliputi pengkajian, menegakkan diagnosa, intervensi, implementasi dan evaluasi.

Desain penelitian adalah deskriptif, dengan populasi sebanyak 5 anak dengan sampel 1 orang anak stunting. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Alat yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu timbangan dan pengukur tinggi badan. Format pengkajian yang digunakan adalah format pengkajian keluarga.

Hasil penelitian didapatkan 3 diagnosa, yaitu defist nutrisi dan defisit pengetahuan, serta resiko gangguan tumbuh kembang. Setelah dilakukan asuhan keperawatan selama 6 x 45 menit selama 6 hari, didapatkan hasil, pengetahuan keluarga bertambah, keluarga bisa merawat anak yang mengalami gangguan pemenuhan nutrisi. faktor pendukung bagi peneliti dalam mengumpulkan data pada klien yaitu partisipan dan keluarga sanggat kooperatif dan mau terbuka dalam memberikan informasi serta keluarga ikut membantu dalam asuhan keperawatan yang diberikan pada klien.

Diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan masukan bagi program kesehatan anak dan menindak lanjuti dan mengevaluasi kemampuan kesehatan anak dalam mengatasi masalah stunting dan kekurangan nutrisi pada anak, serta diharapkan puskesmas dapat meningkatkan pola hidup sehat pada anak, dengan cara meningkatkan program posyandu, dan mengkoordinasi para kader untuk aktif menyelenggarakan kegiatan dalam 1x sebulan untuk deteksi dini tanda gejala anak dengan stunting, sehingga dapat dirujuk kefasilitas kesehatan terdekat.

Kata Kunci : Nutrisi, Stunting, Keluarga, Asuhan Keperawatan
DaftarPustaka :28 (2010-2019)


Ketersediaan

KTIKP.20131131 Mel aRuangan Koleksi Karya Tulis Ilmiah dan Skripsi Perpustakaan Terpadu Poltekkes Kemenkes Padang (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
131 Mel a
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
xiii, 64 hlm.; 21 x 29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this