Image of Asuhan Keperawatan Pada Ibu Early Post Partum Di Puskesmas Muara Sikabaluan Kabupaten Kepulauan Mentawai

Text

Asuhan Keperawatan Pada Ibu Early Post Partum Di Puskesmas Muara Sikabaluan Kabupaten Kepulauan Mentawai



Periode masa nifas yang beresiko terhadap komplikasi pasca persalinan terutama terjadi pada periode 3 hari pertama setelah melahirkan.Menurut WHO 2015, kejadian yang menyebabkan kematian pada ibu post partum terdapat 2,7 juta kasus, salah satunya di Indonesia terdapat 28% adalah pendarahan, 24% eklampsi, 11% infeksi, 5% partus lama dan 5% abortus. Berdasarkan data register Puskesmas Muara Sikalabuan, didapatkan bahwa di Puskesmas Muara Sikabaluan pada tahun 2019, jumlah ibu post partum pada tiga bulan terakhir sebanyak 12,23% (22 orang) dan berdasarkan data pada laporan tahunan sebanyak 68,35%. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan asuhan keperawatan pada pasien ibu post partum 0-6 hari di Puskesmas Muara Sikabaluan tahun 2020.

Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian telah dilakukan di Puskesmas Muara Sikalabuan. Waktu penelitian pada bulan Desember tahun 2019 sampai agustus 2020. Populasi saat penelitian ada 2 orang lalu diambil sampel yang sesuai kriteria inklusi dengan teknik purposive sampling sehingga didapatkan 1 partisipan.

Hasil penelitian didapatkan keluhan yaitu, nyeri pada luka bekas jahitan persalinan dan perut bagian bawah, nyeri terasa seperti ditusuk-tusuk, skala nyeri 6, nyeri terasa hilang timbul, nyeri terasa lebih kurang 2-3 menit, pasien mengatakan nyeri terasa saat pasien bergerak untuk mengubah posisi tidur,dan terasa pedih pada saat buang air besar dan buang air kecil. Pasien mengatakan badan terasa lemah, kepala pusing, sakit kepala,pandangan sedikit kabur dan kedua kakinya masih bengkak.Tekanan darah 120/70 mmhg,frekwensi nadi 68x/i,prekwensi pernafasan 20x/i. Implementasi keperawatan yaitu mengajarkan teknik nonfarmakologis pengurangan nyeri, memonitor kebutuhan nutrisi, kotrol infeksi. Sedangkan evaluasi keperawatan sesuai dengan SIKI dimana diagnosa teratasi dan pasien boleh pulang.

Harapan bagi perawat ruangan untuk dapat mempertahankan dan memaksimalkan asuhan keperawatan secara profesional dan komprehensif kepada pasien pospartum

Kata Kunci (Key Word) : Post partum, Asuhan keperawatan
Daftar Pustaka : 17 (2010-2018)


Ketersediaan

KTIKP.20129129 Dam aRuangan Koleksi Karya Tulis Ilmiah dan Skripsi Perpustakaan Terpadu Poltekkes Kemenkes Padang (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
129 Dam a
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
xi, 57 hlm.; 21 x 29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this