Image of Asuhan Keperawatan Pada An.M Dengan Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) Di Lapas/Rutan Anak Air Padang

Text

Asuhan Keperawatan Pada An.M Dengan Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) Di Lapas/Rutan Anak Air Padang



Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) adalah infeksi akut yang melibatkan organ saluran pernafasan bagian atas dan saluran pernafasan bagian bawah yang dapat berlangsung sampai 14 hari yang disebabkan oleh virus, jamur, dan bakteri. Kemenkes (2018), penderita ISPA tertinggi di Indonesia yaitu Nusa Tenggara Timur (NTT) sebesar 13,1%. Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat(2017), sebanyak 3.114 kasus ISPA terjadi di sejumlah Kabupaten atau Kota. Dinas Kesehatan Kota Padang tahun 2019 tercatat ada peningkatan kasus tersebut sebanyak 117 kasus baru setiap bulannya.Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan asuhan keperawatan pada anak dengan ISPA di Lapas/Rutan Anak Air Padang.

Desain penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Dilakukan di Lapas/Rutan Anak Air Padang. Penelitian dilaksanakan dari bulan Desember 2019 sampai dengan Juli 2020, pelaksanaan studi kasus selama 4 hari. Populasi saat penelitian ada 5 orang pasien lalu diambil 1 partisipan yang sesuai kriteria inklusi dengan teknik purposive sampling. Cara pengumpulan data melalui wawancara, pemeriksaan fisik, pengukuran dan studi dokumentasi.

Hasil pengkajian didapatkan anak batuk berdahak yang susah dikeluarkan sejak 1 minggu yang lalu, hidung tersumbat, bersin-bersin, demam dengan suhu 38,5oC, nafsu makan menurun, tenggorokan sakit, berat badan sebelum sakit 50 kg dan berat badan setelah sakit 47 kg, klien juga mengatakan teman sekamarnya merokok, klien juga sesak nafas dengan RR 28x/menit.Diagnosa keperawatan yang muncul pada anak adalah bersihan jalan nafas tidak efektif, hipertermia, dan defisit nutrisi. Intervensi keperawatan yang peneliti rencanakan yaitu manajemen jalan nafas dan manajemen isolasi, manajemen hipertermia, dan manajemen nutrisi. Implementasi yang dilakukan sesuai dengan rencana yang telah dibuat. Evaluasi keperawatan didapatkan jalan nafas sudah bersih, hipertermi tidak ada lagi ditandai dengan suhu
sudah normal yaitu 36,5 oC dan akral hangat dan diagnosa defisit nutrisi teratasi sebagian dengan peningkatan BB 0,5 Kg.

Diharapkan melalui kepala ruangan agar dapat memotivasi perawat untuk meningkatkan pendokumentasian asuhan keperawatan pada Anak Dengan Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA).

Kata Kunci : Infeksi Saluran Pernapasan Akut , Asuhan Keperawatan
Daftar Pustaka : 42 (2009-2019)


Ketersediaan

KTIKP.20124124 Nab aRuangan Koleksi Karya Tulis Ilmiah dan Skripsi Perpustakaan Terpadu Poltekkes Kemenkes Padang (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
124 Nab a
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
xiii, 61 hlm.; 21 x 29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this