Image of Asuhan Keperawatan Pada Anak Dengan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) Di Kota Padang Tahun 2020

Text

Asuhan Keperawatan Pada Anak Dengan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) Di Kota Padang Tahun 2020



Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) merupakan penyebab utama morbiditas dan mortalitas penyakit menular pada bayi dan anak-anak yaitu dengan prevalensi pada bayi 35,92% dan balita 42,53%. Sebanyak 15% anak dari 92.000 anak yang menderita infeksi saluran napas meninggal dunia. Berdasarkan data yang didapatkan dari Rekam Medis (RM) Puskesmas Andalas Kota Padang tahun 2019 tercatat sebanyak 12.174 kunjungan, jumlah kasus pneumonia sebanyak 222 tersebar di seluruh kelurahan Puskesmas dengan ISPA. Penelitian ini betujuan untuk mendekripsikan asuhan keperawatan pada pasien ISPA.

Desain penelitian yang digunakan dalam bentuk deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian dilakukan dengan menggunakan studi kasus berdasarkan liberatur, penelitian dilakukan di ruang KIA pada hari pertama dan kunjungan rumah untuk hari dilakukan pada 1 partisipan. Data dikumpulkan dengan metode wawancara, pengukuran, pemeriksaan fisik dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan membandingkan temuan proses keperawatan dengan konsep dan teori keperawatan dan penelitian terdahulu.

Hasil pengkajian didapatkan keluhan utama yaitu An.S merasakan demam, batuk berdahak dan sesak nafas. Didapatkan data frekuensi nafas anak 46 x/menit. Anak sulit tidur dan kehilangan nafsu makan karna sesak. Diagnosa keperawatan yang didapatkan yaitu bersihan jalan napas tidak efektif berhubungan dengan ketidakmampuan mengeluarkan secret, hipertermi berhubungan dengan proses infeski, defisit pengetahuan berhubungan dengan kurang terpapar informasi dan ketidakseimbangan nutrisi berhubungan dengan kurang asupan makanan. Rencana keperawatan yang dilaksanakan yaitu manajemen jalan napas dan pendidikan kesehatan. Semua rencana tindakan keperawatan dapat dilaksanakan pada implementasi keperawatan dan evaluasi keperawatan terhadap diagnosa keperawatan dapat teratasi.

Penelitian ini dilakukan selama 5 kali kunjungan ini menunjukkan masalah mulai teratasi. Intervensi dilanjutkan kepada keluarga sebagai tindak lanjut penelitian. Penelitian ini diharapkan menjadi tambahan informasi bagi penelitian selanjutnya.

Kata Kunci (Key Word) : ISPA, Asuhan Keperawatan
Daftar Pustaka :


Ketersediaan

KTIKP.20123123 Sar aRuangan Koleksi Karya Tulis Ilmiah dan Skripsi Perpustakaan Terpadu Poltekkes Kemenkes Padang (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
123 Sar a
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
xii, 126 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this