Image of Asuhan Keperawatan Pada Ibu Hamil Dengan Hiperemesis Gravidarum Di RS. TK. III DR. Reksodiwiryo Padang

Text

Asuhan Keperawatan Pada Ibu Hamil Dengan Hiperemesis Gravidarum Di RS. TK. III DR. Reksodiwiryo Padang



Hiperemesis Gravidarum adalah mual muntah berlebihan yang terjadi pada wanita hamil sehingga menyebabkan terjadinya ketidakseimbangan kadar elektrolit, penurunan berat badan (lebih dari 5% berat badan awal), dehidrasi, ketosis dan kekurangan nutrisi. Hiperemesis gravidarum memberikan dampak psikologis, sosial, dan spiritual. Secara psikologis hiperemesis gravidarum dapat menimbulkan dampak kecemasan, rasa bersalah dan marah jika gejala mual dan muntah semakin memberat. Angka kejadian hiperemesis gravidarum di Indonesia 1-3% dari seluruh kehamilan. Departemen Kesehatan Republik Indonesia menjelaskan bahwa lebih dari 80% ibu hamil di Indonesia mengalami mual dan muntah yang berlebihan, yang dapat menyebabkan ibu hamil menghindari jenis makanan tertentu dan akan dapat menyebabkan risiko bagi dirinya maupun janin yang sedang dikandungnya (Oktavia, 2016). Hasil pengumpulan data tingkat pusat, Subdirektorat Kebidanan dan Kandungan, Subdirektorat Kesehatan Keluarga tahun 2011 dari 325 Kabupaten/Kota menujukkan bahwa sebesar 20.44% ibu hamil dengan hiperemesis gravidarum berat dirujuk dan harus mendapatkan pelayanan kesehatan lebih lanjut (SDKI, 2012). Angka kejadian Hiperemesis Gravidarum di RS. Tk. III dr. Reksodiwiryo Padang tahun 2019 terdapat 69 kasus. Dari Januari sampai Juni 2020 jumlah pasien ibu hamil dengan hiperemesis gravidarum yang di rawat sebanyak 34 orang. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan asuhan keperawatan pada ibu hamil Dengan Hiperemesis Gravidarum di RS. Tk. III dr. Reksodiwiryo Padang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif (Deskriptif Research), dengan bentuk studi kasus. Subjek studi kasus pada Ny. L dengan Hiperemesis Gravidarum. Dalam situasi COVID-19 saat ini, peneliti tidak melakukan pengambilan kasus secara langsung di lapangan.
Evaluasi tindakan yang telah dilakukan oleh perawat dalam memberikan asuhan keperawatan, Ny. L mengatakan sudah tidak mual muntah, nafsu makan sudah membaik, dan dapat melakukan aktivitas secara mandiri. Kekurangan volume cairan pada Ny. L sudah teratasi, Kebutuhan nutrisi sudah terpenuhi, dan Ny. L dapat melakukan aktivitas secara mandiri.

Kata Kunci : Hiperemesis Gravidarum, Maternitas

Daftar Pustaka: 7 (2013 – 2019)


Ketersediaan

KTIKP.20119119 Hel aRuangan Koleksi Karya Tulis Ilmiah dan Skripsi Perpustakaan Terpadu Poltekkes Kemenkes Padang (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
119 Hel a
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
vi, 52 hlm.; 21 x 29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this