Image of Asuhan Keperawatan Pada Pasien Dengan Gastritis Di Puskesmas Parit Kecamatan Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat

Text

Asuhan Keperawatan Pada Pasien Dengan Gastritis Di Puskesmas Parit Kecamatan Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat



Gastritis merupakan salah satu masalah kesehatan yang ada di lingkungan masyarakat dan masalah kesehatan saluran pencernaan yang banyak terjadi di masyarakat. Di Indonesia, gastritis merupakan salah satu penyakit dengan prevalensi yang cukup tinggi mencapai 81,6% (RISKESDAS, 2013). Sedangkan di Sumatera Barat, penyakit gastritis masih menduduki posisi kedua dari 10 penyakit terbanyak di Propinsi Sumbar yaitu sebanyak 285.282 kasus Gastritis (15,8%). Berdasarkan data register Puskesmas Parit Koto Balingka, di dapatkan bahwa data penderita gastritis tiap tahunnya mengalami peningkatan. Pada tahun 2019 berdasarkan data medical record terdapat jumlah penderita gastritis sebanyak 320 kasus yang menjalani rawat jalan dan rawat inap sebanyak 35 kasus.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan asuhan keperawatan pada pasien dengan gastritis di Puskesmas Parit Kecamatan Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat.

Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian telah dilakukan di Puskesmas Parit Kecamatan Koto Balingka. Waktu penelitian pada bulan Desember tahun 2019 sampai juli 2020. Populasi saat penelitian ada 5 orang lalu diambil sampel yang sesuai kriteria inklusi dengan teknik purposive sampling sehingga didapatkan 1 partisipan.

Hasil penelitian didapatkan keluhan yaitu, badannya terasa lemah, nyeri pada ulu hati, saat di tanya skala nyeri dari 1 sampai 10 klien menjawab skala nyerinya ada di skala 4, nyeri hilang timbul dalam waktu 4-5 menit, klien juga mengeluh mual dan muntah sebelum makan dan sesudah makan, serta nafsu makan menurun. Implementasi keperawatan yaitu mengajarkan teknik nonfarmakologis pengurangan nyeri, memonitor kebutuhan nutrisi, mengidentifikasi situasi yang memicu kecemasan dan menginstruksi klien untuk mengunakan teknik relaksasi. Sedangkan evaluasi keperawatan sesuai dengan SIKI dimana diagnosa teratasi dan pasien boleh pulang.

Harapan bagi perawat ruangan untuk dapat mempertahankan dan memaksimalkan asuhan keperawatan secara profesional dan komprehensif kepada pasien dengan gastritis.

Kata Kunci (Key Word) : Gastritis, Asuhan keperawatan
Daftar Pustaka : 13 (2013-2018


Ketersediaan

KTIKP.20117117 Fau aRuangan Koleksi Karya Tulis Ilmiah dan Skripsi Perpustakaan Terpadu Poltekkes Kemenkes Padang (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
117 Fau a
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
ix, 42 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this