Image of Asuhan Keperawatan Pada Anak (An. F) Dengan Gizi Kurang Di Wilayah Kerja Puskesmas Seberang Padang

Text

Asuhan Keperawatan Pada Anak (An. F) Dengan Gizi Kurang Di Wilayah Kerja Puskesmas Seberang Padang



Masalah gizi merupakan masalah yang umum di beberapa negara berkembang termasuk Indonesia terutama masalah gizi kurang. Dampak gizi kurang bervariasi mulai dari subklinis, yakni tidak ada gangguan klinis sama sekali, sampai kematian, dan bergantung pada jenis, lama, dan derajat keparahan ketidakcukupan gizi, usia, serta status gizi dan kesehatan pasien. Tujuan penelitian ini mampu mendeskripsikan asuhan keperawatan keluarga dengan gizi kurang pada balita di wilayah kerja Puskesmas Seberang Padang.

Penelitian ini memiliki design deskriptif menggunakan studi kasus pada asuhan keperawatan dengan pendekatan studi kasus di Puskesmas Seberang Padang dimulai dari bulan Januari sampai dengan Juli 2020. Populasi pada penelitian ini yaitu semua anak gizi kurang di wilayah kerja Puskesmas Seberang Padang pada saat penelitian yaitu berjumlah 6 orang dan nantinya dipilih 1 orang sebangi sampel yaitu An. F. Cara pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, pemeriksaan fisik dan studi dokumentasi. Analisa deskriptif dilakukan meliputi pengkajian, diagnosa, intervensi, implementasi, dan evaluasi keperawatan.

Peneliti melakukan pengkajian pada keluarga Bpk. A dengan menggunakan format pengkajian keluarga, pengkajian gizi kurang pada balita, dengan metode wawancara, observasi dan pemeriksaan fisik untuk menambah data yang diperlukan. Hasil penelitian didapatkan 3 diagnosa yang sama, pada An. F dengan ketidakseimbangan nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh, setelah dievaluasi keluarga mau menyajikan makanan yang menarik. Resiko keterlambatan pertumbuhan dan perkembangan, setelah dievaluasi keluarga mau membawa An. F ke fasilitas kesehatan. Defisit pengetahuan tentang gizi kurang, setelah dievaluasi keluarga mengetahui penyebab dan perawatan gizi kurang pada balita.

Disarankan pada pimpinan puskesmas dan tenaga kesehatan yang memegang program perkesmas diharapkan studi kasus ini dapat digunakan sebagai tambahan informasi dalam mengembangkan program perkesmas di keluarga dengan gizi kurang dan mengoptimalkan asuhan keperawatan dan melakukan kunjungan rumah sekali sebulan.

Kata Kunci : Gizi Kurang, Asuhan Keperawatan Keperawatan
Keperawatan Daftar Pustaka : 26 (2014-2019)


Ketersediaan

KTIKP.20110110 Asr aRuangan Koleksi Karya Tulis Ilmiah dan Skripsi Perpustakaan Terpadu Poltekkes Kemenkes Padang (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
110 Asr a
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
xiii, 87 hlm.; 21 x 29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this