Image of Analisis Kandungan Salmonella sp Pada Telur Ayam Ras, Kampung, Dan Telur Bebek Di Kota Padang Tahun 2021

Text

Analisis Kandungan Salmonella sp Pada Telur Ayam Ras, Kampung, Dan Telur Bebek Di Kota Padang Tahun 2021



Salmonella sp merupakan bakteri patogenik enteric dan penyebab utama penyakit bawaan dari makanan (foodborne diseas) Suatu survey yang dilakukan Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Kalimantan Selatan menyatakan bahwa terjadinya keracunan massal usai berbuka puasa di daerah Narahan, Kecamatan Pulau Petak disebaban oleh bakteri Salmonellasp. Telur merupakan salah satu bahan makanan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat dunia. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui analisis kandungan Salmonellasp pada telur ayam ras, kampung, dan bebek di kota padang tahun 2021

Penelitian ini bersifat deskriptif dengan objek penelitian adalah telur ayam ras, kampunf dan telur bebek dengan sampel 6 butir telur yang terdiri dari 3 butir telur ayam yang mana diantaranya 1 telur ayam ras, 1 ayam kampung dan 1 atelur ayam bebek dengan telur yang bersih dan 3 butir telur yang kotor. telur yang sudah diambil dari kandang kemudian diperiksa di laboratorium kesehatan kota padang. Analisis data disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi.

Hasil penelitian menunjukkan pemeriksaan Salmonellasp pada telur ayam ras, kampung dan bebek didapatkan hasil bahwa dari 6 sampel yang dilakukan pemeriksaan bakteri Salmonellasp tidak ada mengandung bakteri Salmonellasp.

Saran dari penelitian ini yaitu diharapkan kepada peternak ayam ras, kampung dan bebek lebih meningkatkan kebersihan kandang agar dapat mengurangi resiko terkontaminasinya bakteri Salmonellasp pada telur . Kulit telur yang kotor lalukan pencucian dengan air menggunakan sabun, dan menyimpan telur dengan kulit telur yang bersih disimpan pada suhu kamar supaya tidak terkontainasi Salmonellasp.

Daftar Bacaan : 40 (1999-2020)

Kata Kunci : Salmonellasp, Sanitasi Kandang


Ketersediaan

SKRIPSIKL.2134034 Put aRuangan Koleksi Karya Tulis Ilmiah dan Skripsi Perpustakaan Terpadu Poltekkes Kemenkes Padang (SKRIPSI)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
034 Put a
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
viii, 40 hlm.; 21,5 x 29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this