Image of Hubungan Kondisi Fisik Rumah Dengan Kejadian TB Paru BTA+ Di Wilayah Kerja Puskesmas Air Bangis Tahun 2021

Text

Hubungan Kondisi Fisik Rumah Dengan Kejadian TB Paru BTA+ Di Wilayah Kerja Puskesmas Air Bangis Tahun 2021



Tuberkulosis paru merupakan penyakit infeksi kronik dan menular yang disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini menyebar melalui droplet orang yang telah terinfeksi basil tuberculosis. Sebagian besar bakteri Mycobacterium tuberculosis menyerang organ paru-paru (80%), sedangkan 20% lainnya menyerang organ diluar paru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi fisik rumah dengan kejadian TB Paru BTA+ di Wilayah Kerja Puskesmas Air Bangis Tahun 2021.

Penelitian ini merupakan studi analitik dengan menggunakan desain case control study. Populasi dalam penelitian ini keluarga yang berada di wilayah kerja Puskesmas Air Bangis diambil sebanyak 16 sampel kasus penderita dan sampel kontrol 16 responden yang bertempat tinggal disekitar rumah sampel kasus Pengumpulan data dilakukan sejak bulan Januari – Juni 2021 dengan cara telaah laporan tahunan Puskesmas Air Bangis, Observasi dan pengukuran kondisi fisik rumah responden. Analisa statistik menggunakan uji chi square.

Penelitian ini menunjukan adanya hubungan yang signifikan antara kepadatan hunian kamar tidur responden kasus sebanyak 13 responden (81,25%) dan kelompok responden kontrol sebanyak 6 responden (37,5%) Penelitian ini menunjukan adanya hubungan yang signifikan antara kepadatan hunian (p =0,031),Ventilasi (p = 0,034),Pencahayaan (p = 0,005),dan kelembabab (p= 0,013) dengan kejadian penyakit TB Paru BTA + Di Wilayah Kerja Puskesmas Air Bangis Tahun 2021. Tetapi tidak ada hubungan yang signifikan antara jenis lantai rumah (p = 1,000) dengan kejadian penyakit TB Paru BTA + .

Masyarakat dapat Menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari dengan cara menjaga kondisi rumah tetap dalam kondisi bersih, Membiasakan membukan jendela rumah di pagi hari agar cahaya matahari dapat masuk kedalam rumah serta dapat membantu sirkulasi udara didalam rumah, Menggunakan atap yang trasparan sehingga dapat berfungsing sebagai penambah besarnya cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah.

Kata kunci : TB Paru BTA+, kondisi fisik.
Daftar Pustaka : 21 ( 1999-2020)


Ketersediaan

SKRIPSIKL.2133033 Res hRuangan Koleksi Karya Tulis Ilmiah dan Skripsi Perpustakaan Terpadu Poltekkes Kemenkes Padang (SKRIPSI)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
033 Res h
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
xv, 69 hlm.; 21 x 29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this