Image of Studi Deskriptif Sanitasi Kolam Renang Wahana Mini TPI Kambang Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan Tahun 2021

Text

Studi Deskriptif Sanitasi Kolam Renang Wahana Mini TPI Kambang Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan Tahun 2021



Kolam renang sebagai sarana umum yang ramai dikunjungi dapat berpotensi menjadi sarana penyebaran bibit penyakit maupun gangguan kesehatan akibat kondisi sanitasi lingkungan kolam renang yang buruk dan kualitas air kolam renang yang tercemar. Kolam renang Wahana Mini TPI Kambang Kecamatan Lengayang diketahui belum memiliki surat izin usaha kolam renang, serta pada kolam renang ini belum pernah dilakukan pemeriksaan sanitasi kolam renang dan pemeriksaan kualitas air kolam renang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Kondisi Sanitasi Kolam Renang Wahana Mini TPI Kambang Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan Tahun 2021.

Penelitian ini bersifat deskriptif. Pengumpulan data dengan cara observasi terhadap objek yang diteliti dengan menggunakan SIT dan pemeriksaan air kolam renang di UPTD Balai Laboratorium Kesehatan Provinsi Sumatera Barat. Data yang diperoleh diolah secara manual serta disajikan dalam bentuk tabel dan narasi, kemudian dibandingkan dengan Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 061/MENKES/PER/1/1991 dan Peraturan Menteri Kesehatan No. 32 Tahun 2017.

Berdasarkan hasil penelitian didapatkan kondisi sanitasi kolam renang Wahana Mini dengan membandingkan hasil temuan dengan standar penilaian (75 %), yaitu lokasi dan lingkungan tidak memenuhi syaarat (52 %), kondisi bangunan tidak memenuhi syarat (45 %), kondisi fasilitas sanitasi tidak memenuhi syarat (58 %). Kualitas air kolam renang (fisik, kimia, bakteriologis) untuk kejernihan, pH, Alkalinitas, dan Sisa Chlor Bebas tidak sesuai standar baku mutu.

Diharapkan kepada pengelola Kolam Renang Wahana Mini untuk meningkatkan sanitasi kolam renang dengan adanya perubahan-perubahan sanitasi yang sesuai dengan standar sanitasi kesehatan tempat kolam renang, dan pihak kolam renang diharapkan dapat mengurus Surat Izin Usaha Kolam Renang ke lembaga terkait, serta memeriksa kualitas air kolam renang sesuai standar baku mutu yang ditetapkan.


Kata Kunci : Sanitasi, Kolam Renang
Kepustakaan : 24 (1991-2021)


Ketersediaan

KTIKL.2166066 Rat sRuangan Koleksi Karya Tulis Ilmiah dan Skripsi Perpustakaan Terpadu Poltekkes Kemenkes Padang (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
066 Rat s
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
xv, 80 hlm.; 21,5 x 29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this