Image of Gambaran Hygiene Sanitasi Dan Kandungan Escherichia coli Pada Minuman Es Tebu Di Pantai Padang Tahun 2021

Text

Gambaran Hygiene Sanitasi Dan Kandungan Escherichia coli Pada Minuman Es Tebu Di Pantai Padang Tahun 2021



Hygiene sanitasi adalah upaya untuk mengendalikan faktor tempat, peralatan, orang dan bahan makanan yang dapat atau mungkin menimbulkan gangguan kesehatan. Makanan adalah kebutuhan pokok manusia diperlukan setiap saat dan harus di tangani dan dikelola dengan baik dan benar agar bermanfaat bagi tubuh. Dari pengamatan yang dilakukan terhadap personal hygiene pedagang es tebu dan sanitasi tempat pengolahan tebu ditemui beberapa hal sebagai berikut: masih banyak ditemui tempat sampah yang tidak (tertutup, kedap air dan mudah di bersihkan), lingkungan penjualan tidak terhindar dari pencemaran seperti debu, adanya lalat, air pencucian yang digunakan tidak memenuhi syarat fisik air seperti (tidak berbau, tidak berasa, dan tidak berwarna), tidak terhindar dari TPS, serta tidak terhindar dari banjir. Tujuan penelitian untuk mengetahui hygiene sanitasi dan kandungan Escherichia Coli Pada Minuman Es Tebu di pantai Padang Tahun 2021.

Jenis penelitian adalah deskriptif. Subjek pada penelitian ini yaitu sebanyak 6 pedagang, dan objek pada penelitian ini yaitu minuman es tebu. Pengumpulan data dengan cara observasi terhadap objek yang diteliti dengan menggunakan checklist dan melakukan pemeriksaan Bakteri Escherichia coli pada minuman es tebu di UPTD Balai Laboratorium Kesehatan Provinsi Sumatera Barat. Data yang diperoleh disajikan dalam bentuk tabel. Hasil Observasi yang diperoleh dilapangan dibandingkan dengan Kepmenkes No. 942/ Menkes/ SK/ VII/ 2003 tentang makanan jajanan dan hasil pemeriksaan dibandingkan dengan Kepmenkes RI No. 492/ Menkes/ SK/ IV/ 2010 tentang kualitas air minum.

Hasil penelitian menunjukkan personal hygiene pedagang minuman es tebu di pantai padang adalah tidak baik (100%), Untuk sanitasi tempat pengolahan memiliki sanitasi yang tidak bersih (100%), Untuk sanitasi peralatan memiliki sanitasi yang tidak baik (100%), Untuk sanitasi pengolahan es tebu memiliki sanitasi yang tidak baik (100%), dan Hasil pemeriksaan Bakteri Escherichia coli 1 dari 6 sampel yang diperiksa positif mengandung Bakteri Escherichia coli.

Diharapkan kepada pedagang lebih memperhatikan personal hygiene, sanitasi tempat pengolahan, sanitasi peralatan, serta dalam pengolahan es tebu.

Kata Kunci : Hygiene Sanitasi, Escherichia coli
Daftar Pustaka : 17 (2000-2020)


Ketersediaan

KTIKL.2150050 Sap gRuangan Koleksi Karya Tulis Ilmiah dan Skripsi Perpustakaan Terpadu Poltekkes Kemenkes Padang (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
050 Sap g
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
xiv, 46 hlm.; 21,5 x 29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this