Image of Gambaran Hygiene Dan Sanitasi Pedagang Makanan Jajanan Di Pantai Purus Kota Padang Tahun 2021

Text

Gambaran Hygiene Dan Sanitasi Pedagang Makanan Jajanan Di Pantai Purus Kota Padang Tahun 2021



Hygiene sanitasi makanan adalah upaya untuk mengendalikan faktor makanan, orang, tempat dan perlengkapannya yang dapat atau mungkin dapat menimbulkan penyakit atau gangguan kesehatan. Berdasarkan survey awal yang dilakukan pada pedagang makanan jajanan di Pantai Purus Kota Padang di Kawasan Pantai Purus Kota Padang, bahwa adanya beberapa pedagang yang tidak menggunakan celemek, menggaruk- garuk anggota badan seperti ( kepala, telinga, dan hidung ), tidak mencuci tangan menggunakan sabun dan tidak menggunakan masker saat menjamah makanan.

Penelitian ini bersifat deskriptif untuk melihat gambaran hygiene dan sanitasi pedagang makanan jajanan di Pantai Purus Kota Padang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari- Juni 2021 di Pantai Purus Kota Padang Tahun 2021 dengan populasi pada penelitian ini adalah pedagang makanan jajanan yang berjumlah 43 pedagang dan yang diambil sebagai sampel yaitu 22 pedagang.

Pedagang makanan jajanan di Pantai Purus Kota Padang memiliki personal hygiene yang tidak memenuhi syarat (63.6%). Pedagang makanan jajanan di Pantai Purus Kota Padang memiliki sanitasi tempat yang tidak memenuhi syarat (77.3 %). Pedagang makanan jajanan di Pantai Purus Kota Padang memiliki sanitasi peralatan yang tidak memenuhi syarat (68.2 %). Para penjamah makanan kurang memperhatikan personal hygiene seperti tidak menggunakan celemek, berbicara saat menjamah makanan dan selain itu pedagang tidak mempunyai tempat sampah dan limbah bekas cucian langsung dibuang ke tanah.

Sebaiknya pedagang makanan jajanan di Pantai Purus Kota Padang meningkatkan kesadaran akan personal hygiene pada saat mengolah makanan, memperhatikan sanitasi tempat dan sanitasi peralatan agar terhindar dari pencemaran.

Kata Kunci : Makanan Jajanan
Daftar Pustaka : 15 (2003-2020)


Ketersediaan

KTIKL.2143043 Ram gRuangan Koleksi Karya Tulis Ilmiah dan Skripsi Perpustakaan Terpadu Poltekkes Kemenkes Padang (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
043 Ram g
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
v, 45 hlm.; 21,5 x 29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this