Image of Literatur Review Asuhan Keperawatan pada Pasien Tuberkulosis (TB) Paru Tahun 2021

Text

Literatur Review Asuhan Keperawatan pada Pasien Tuberkulosis (TB) Paru Tahun 2021



Literatur Review Asuhan Keperawatan pada Pasien Tuberkulosis (TB) Paru Tahun 2021
Isi : XI + 89 halaman, 2 tabel, 3 Lampiran

ABSTRAK
Tuberkulosis (TB) paru merupakan penyakit menular dan salah satu dari 10 penyebab utama kematian di dunia dan Indonesia menempati peringkat ke 2 yang menyumbangkan insiden TBC dengan estimasi insiden sebanyak 8,5 %. Sedangkan Sumatera Barat berada diurutkan ke-10 dengan angka kejadian TB Paru sebanyak 6.300 kasus TB Paru BTA positif. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis asuhan keperawatan Karya Tulis Ilmiah (KTI) pada pasien TB Paru.
Desain penelitian yang adalah literatur review dengan analisis studi kasus. Populasi pada penelitian ini yaitu semua Karya Tulis Ilmiah (KTI) Prodi DIII Keperawatan Padang yang berjudul asuhan keperawatan pada pasien TB Paru merupakan terbitan tahun 2015-2020 sebanyak 10 Karya Tulis Ilmiah (KTI). Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling sesuai dengan kriteria sampel peneliti sehingga didapatkan 3 asuhan keperawatan Karya Tulis Ilmiah pada pasien Tuberkulosis (TB) Paru.
Hasil pengkajian ditemukan persamaan keluhan utama yang dirasakan oleh pasien TB paru yaitu sesak nafas. Dan keluhan lainnya yaitu batuk terus menerus, batuk berdahak dan badan terasa lemah. Diagnosa yang sama yaitu ketidakefektifan bersihan jalan nafas, ketidakefektifan pola nafas, ketidakseimbangan nutrisi kurang dari kebutuhan dan diagnosa lainnya yang hanya diangkat oleh 2 peneliti yaitu intoleransi aktivitas. Intervansi keperawatan yaitu manajemen jalan nafas, monitor pernafasan, terapi oksigen, monitor tanda-tanda vital, manajemen nutrisi dan monitor nutrisi dan manajemen energi. Implementasi mengacu kepada rencana keperawatan yang telah disusun dan dilakukan implementasi keperawatannya. Hasil evaluasi setalah dianalisis diagnosa ketidakefektifan bersihan jalan nafas belum teratasi dalam 5 hari pada penelitian Ariyanti (2018) dan Mahmudah (2019). Sedangkan Diagnosa ketidakefektifan pola nafas, ketidakseimbangan nutrisi, serta intoleransi aktivitas ditemukan masalah teratasi dalam 5 hari pada ke 3 asuhan keperawatan Karya Tulis Ilmiah (KTI) yang dianalisis. Melalui Penelitian ini bisa menjadi pembanding dan pedoman bagi peneliti selanjutnya mengenai analisis asuhan keperawatan pada pasien TB Paru.
Daftar Bacaan : 29 (2010-2021)
Kata kunci : Asuhan keperawatan, Tuberkulosis Paru.


Ketersediaan

KTIKP.2162062 Nam LKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
062 Nam L
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
Xi + 89 hlm; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this