Image of Asuhan Keperawatan Dengan Masalah Ansietas pada Klien Hipertensi di Puskesmas Andalas Kota Padang

Text

Asuhan Keperawatan Dengan Masalah Ansietas pada Klien Hipertensi di Puskesmas Andalas Kota Padang



Asuhan Keperawatan Dengan Masalah Ansietas pada Klien Hipertensi di Puskesmas Andalas Kota Padang
Xii + 62halaman, 1 tabel,15lampiran

ABSTRAK
Prevalensi hipertensi di Sumatera Barat tahun 2018 (25,16%), danuntuk Kota Padang tahun 2018 (21,75%).Berdasarkan laporan pemegang program PTM di Puskesmas Andalas, kunjungan klien dengan Hipertensi selama tahun 2018 sebanyak 1996 orang sedangkan selama tahun 2019 sebanyak 2190 orang. Laporan pemegang program PTM menjelaskan bahwa dari 2190 kasus hipertensi terdistribusi dalam sepuluh Kelurahan yang tersebar di Kecamatan Padang Timur.Penyakit fisik seperti hipertensiseringkali mengakibatkan munculnya masalah psikososial yaitu ansietas. Tujuan penelitian mendeskripsikan asuhan keperawatan dengan masalah ansietas pada klien hipertensi di Puskesmas Andalas Kota Padang.

Jenis penelitian adalah kualitatif dengan desain penelitian deskriptif, dalam bentuk studi kasus. Penelitian ini dilakukan dari bulan Januari sampai juni 2021. Asuhan keperawatan dilakukan selama 5 hari dari tanggal 1 Mei sampai 5 Mei 2021. Populasi penelitian adalah semua klien hipertensi yang berkunjung rutin selama 3 bulan terakhir yaitu bulan Januari sampai bulan Maret di Puskesmas Andalas Kota Padang tahun 2021 yang berdomisili di Kelurahan Parak Gadang Timur sebanyak 9 orang, didapatkan 4 orang yang memenuhi semua kriteria, dari 4 orang tersebut penulis memilih 1 sebagai penelitian melalui cara Simple Random Sampling.

Hasil pengkajian didapatkan klien mengatakan cemas dengan penyakitnya, mengeluh badan terasa lelah dan letih dan kadang susah tidur di malam hari, serta mengatakan tidak tahu cara mengatasi kecemasannya. Diagnosa yang didapatkan diantaranya ansietas, harga diri rendah situasional, dan koping tidak efektif. Intervensi menurut SIKI meliputi reduksi ansietas, promosi harga diri dan dukungan pengambilan keputusan. Hasil evaluasi yang didapatkan setelah melakukan asuhan keperawatan selama 5 hari yaitu ansietas menurun, harga diri meningkat, dan koping menjadi efektif.

Disarankan pada pimpinan Puskesmas Andalas terutama yang bertanggung jawab dalam pemegang program PTM Puskesmas Andalas agar lebih dapat mengoptimalkanpemberian asuhan keperawatan jiwa khususnya masalah psikososial ansietas pada klien hipertensi dalam upaya peningkatan pelayanan.

Kata Kunci : ansietas, hipertensi, asuhan keperawatan
Daftar Pustaka : 30 (2013-2020)


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
082 Sav A
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
Xii + 62 hlm; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this