Image of Asuhan Keperawatan Gangguan Nutrisi Pada Pasien Chronik Kidney Disease Di RSAM Bukttinggi Tahun 2021

Text

Asuhan Keperawatan Gangguan Nutrisi Pada Pasien Chronik Kidney Disease Di RSAM Bukttinggi Tahun 2021



Asuhan Keperawatan Gangguan Nutrisi Pada Pasien Chronik Kidney Disease Di RSAM Bukttinggi Tahun 2021

viii + 60 Halaman + 1 Tabel + 9 Lampiran

ABSTRAK

Nutrisi merupakan masalah utama bagi pasien CKD selain dari pemenuhan cairan dan elektrolit. Pasien datang ke rumah sakit dengan kondisi pemenuhan nutrisi yang tidak sesuai dengan diit. Menurut WHO (2018) angka kejadian CKD di Indonesia dari tahun ke tahun selalu meningkat. Pasien CKD yang tidak terpenuhi kebutuhan nutrisinya akan berdampak pada penurunan berat badan. Tujuan penelitian untuk mendiskripsikan asuhan keperawatan dengan pemenuhan nutrisi pada pasien CKD di RSAM Bukittinggi tahun 2021.

Desain penelitian ini deskriptif dalam bentuk studi kasus, yang dilakukan di RSAM Bukittinggi pada bulan Desember 2020 sampai Juni 2021. Populasi adalah pasien CKD yang mengalami gangguan nutrisi, ditemukan sebanyak 3 orang. Besar sampel satu kasus, dengan teknik purposive sampling. Cara pengumpulan data dengan wawancara, pengukuran,pemeriksaan fisik dan studi dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan menganalisa semua data pada tahapan proses keperawatan dengan menggunakan konsep dan teori keperawatan.

Hasil penelitian didapatkan pasien mual dan muntah, tidak menghabiskan diit yang telah diberikan, dari pemeriksaan laboraturium hasil Hb 6,3 gr/dl (12-16). Masalah keperawatan yang ditemukan pada pasien yang nausea. Untuk masalah nausea menganjurkan penggunaan aromaterapi minyak cap kapak untuk mengatasi mual dan muntah. Masalah defisit nutrisi tindakan yang dilakukan berupa kolaborasi dengan ahli gizi dalam pemberian diet untuk memenuhi kebutuhan nutrisi. Evaluasi yang dilakukan selama 5 hari dimana untuk nausea masalah teratasi dengan hasil yang dicapai tidak mual dan muntah setelah makan, untuk defisit nutrisi masalah teratasi dengan hasil yang dicapai pasien menghabiskan diit yang telah diberikan.

Disarankan kepada perawat ruangan agar mengkaji makanan yang disukai pasien dan berkolaborasi dengan ahli gizi mengganti diit pasien sesuai dengan aturan diit untuk meningkatkan asuhan keperawatan pada pasien CKD dengan gangguan nutrisi.

Kata Kunci : Asuhan Keperawatan, Defisit Nutrisi, CKD
Daftar Pustaka : 35 (2011-2020)


Ketersediaan

KTIKP.2115015 Ayu AKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
015 Ayu A
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
viii + 60 hlm; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this