Image of Studi Literatur tentang Gambaran Kepadatan Jentik Aedes aegypti Pada Rumah  di Beberapa Wilayah di Indonesia Tahun 2020

Text

Studi Literatur tentang Gambaran Kepadatan Jentik Aedes aegypti Pada Rumah di Beberapa Wilayah di Indonesia Tahun 2020



Studi Literatur tentang Gambaran Kepadatan Jentik Aedes aegypti Pada Rumah di Beberapa Wilayah di Indonesia Tahun 2020

v+ 41 halaman + 1 tabel, 6 gambar
ABSTRAK

Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan salah satu masalah kesehatan lingkungan yang cenderung meningkat. Penyakit DBD melibatkan tiga organisme yaitu virus dengue, nyamuk Aedes dan host manusia. Upaya menurunkan faktor penularan oleh vektor dengan mengurangi habitat vektor, menurunkan kepadatan dan umur vektor, mengurangi kontak antar vektor dengan manusia serta memutuskan rantai penularan penyakit. Indikator yang digunakan untuk mengetahui kepadatan jentik nyamuk Aedes aegypti adalah House Index (HI), Container Index (CI), Breteau Index (BI). Setelah melakukan perhitungan HI, CI, BI dilanjutkan dengan melihat Density Figure (DF).
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penulusuran jurnal melalui Google Scholar. Tahun penerbitan sumber pustaka adalah dari tahun 2015 sampai 2020 dengan 5 sumber pustaka. Tema dalam jurnal yang dikumpulkan yaitu terkait kepadatan jentik Aedes aegypti (HI,BI,CI). Studi literature ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang gambaran kepadatan jentik nyamuk Aedes aegypti pada rumah yang terdiri dari house index, countener index, breteau index.
Hasil dari review jurnal yang telah dilakukan yaitu nilai density figure akaan tinggu jika suatu daerah mempunyai kebiasaan menampung air baik didalam maupun diluar rumah dengan tanpa menutup tempat penampungan air. Semakin tinggi kepadatan nyamuk aedes, semakin tinggi risiko masyarakat untk tertular penyakit demam berdarah dengue (DBD).
Disarankan kepada masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dan tempat penampungan air dengan melakukan 3M plus. Disarankan juga kepada puskesmas untuk dapat melakukan penyuluhan dan pemantauan terhadap kondisi lingkungan dan tempat penampungan air pada masyarakat, serta kepada Poltekkes mampu menciptakan lulusan yang mampu menyebarluasakan ilmu kepada masyarakat.


Kata kunci : kepadatan jentik, HI, BI, CI


Ketersediaan

KTIKL.2034034 Lin SKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
034 Lin S
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
v, 41 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this