Image of Gambaran Kepadatan Jentik Nyamuk Aedes Sp. (HI, CI, BI) Tahun 2020

Text

Gambaran Kepadatan Jentik Nyamuk Aedes Sp. (HI, CI, BI) Tahun 2020



Gambaran Kepadatan Jentik Nyamuk Aedes Sp. (HI, CI, BI) Tahun 2020

v + 87 halaman + 2 tabel, 5 gambar, 1 lampiran
ABSTRAK
Nyamuk Aedes sebagai vektor penyebab Demam Berdarah Dengue (DBD) dapat berkembangbiak pada tempat penampungan air. Perhitungan kepadatan jentik Aedes merupakan salah satu indikator keberhasilan kegiatan pengendalian vektor. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepadatan jentik nyamuk Aedes dengan indikator House Index (HI), Container Index (CI), Breteau Index (BI).

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelusuran jurnal melalui Google Scholar. Tahun penerbitan sumber pustaka adalah dari tahun 2015 sampai 2020 dengan 5 sumber pustaka. Tema dalam jurnal yang dikumpulkan yaitu terkait kepadatan jentik nyamuk Aedes Sp. yang terdiri dari House Index (HI), Container Index (CI), Breteau Index (BI).

Hasil dari sintesa jurnal yang telah ditemukan, jenis kontainer yang dominan disukai jentik nyamuk Aedes Sp. yaitu pada kontainer bak mandi dan gentong dengan persentase berkisar antara 1,57 % - 11,54 %. Persentase House Index (HI) berkisar antara 19,78 % - 53 %, Container Index (CI) berkisar antara 5,78 % - 34,38 %, Breteau Index (BI) berkisar antara 53 % - 168 %.

Diharapkan kepada masyarakat agar lebih memperhatikan kebersihan lingkungan sekitar dengan membersihkan tempat penampungan air, membiasakan untuk menutup tempat penampungan air yang berpotensi sebagai tempat perindukan nyamuk serta melaksanakan program 3M Plus minimal satu kali dalam seminggu.



Kata Kunci: kepadatan, jentik, Aedes


Ketersediaan

KTIKL.2003003 Ang GKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
003 Ang G
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
v, 87 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this