Image of Asuhan Keperawatan Pada Pasien Dengan Stroke Iskemik Di Bangsal Syaraf RSUP Dr. M. Djamil Padang

Text

Asuhan Keperawatan Pada Pasien Dengan Stroke Iskemik Di Bangsal Syaraf RSUP Dr. M. Djamil Padang



Stroke merupakan salah satu kasus PTM yang mengalami peningkatan, kasus stroke yang paling banyak terjadi yaitu stroke iskemik (80%) dan stroke hemoragik (20%). Prevalensi stroke iskemik di Bangsal Saraf RSUP Dr. M. Djamil Padang tahun 2019 sebanyak 79 orang. Stroke iskemik merupakan terhentinya aliran darah ke otak akibat bekuan darah yang menyumbat pembuluh darah. Sehingga aliran darah ke otak tidak lancar dan mengakibatkan terjadinya gangguan kognitif, fungsional dan defisit sensorik. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan asuhan keperawatan pada pasien dengan stroke iskemik di Bangsal Saraf RSUP Dr. M. Djamil Padang Tahun 2020.

Jenis penelitian yang digunakan peneliti yaitu penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi kasus yang bersifat deskriptif. Waktu penelitian dari bulan Desember 2019 sampai bulan Juli 2020. Populasi yaitu semua pasien stroke iskemik di bangsal saraf dengan 1 orang sampel yang diambil secara Total Sampling.

Hasil penelitian yang didapatkan pada pasien stroke iskemik dengan manifestasi klinis kesadaran Compos Mentis, Tekanan darah 170/100 mmHg, GDS 345 mg/dl, hemiparise dextra. Masalah keperawatan yang muncul yaitu gangguan mobilitas fisik, ketidakstabilan kadar glukosa darah dan resiko perfusi serebral tidak efektif. Implementasi yang dilakukan adalah melatih ROM, manajemen hiperglikemia dan pemantauan peningkatan TIK. Evaluasi yang dilakukan selama 5 hari didapatkan bahwa masalah keperawatan yang muncul dapat teratasi.

Diharapkan intervensi pemantauan status hemodinamik dan mobilisasi bertahap dapat dilakukan secara efektif pada klien sehingga asuhan keperawatan pada pasien stroke iskemik dapat tercapai dengan optimal.

Kata Kunci : Stroke Iskemik, Asuhan Keperawatan
Daftar Pustaka : 32 (2009-2019)


Ketersediaan

KTIKP.2083083 Alh AKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
083 Alh A
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
xiii, 78 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this