Image of Asuhan Keperawatan Gangguan  Personal Hygiene Pada Pasien Stroke Iskemik Di RSUP Dr. M. Djamil Padang Tahun 2020

Text

Asuhan Keperawatan Gangguan Personal Hygiene Pada Pasien Stroke Iskemik Di RSUP Dr. M. Djamil Padang Tahun 2020



Kebersihan diri (personal hygiene) merupakan perawatan diri yang dilakukan untuk memelihara kebersihan dan kesehatan seseorang untuk kesejahteraan fisik dan psikis. Di Indonesia, masalah stroke urutan ketiga penyebab kematian sebesar 15,4%, di Sumatera Barat stroke 10,9 permil tahun 2018 (Riskesdas 2018). Dampak personal hygiene yang tidak baik akan mempermudah berbagai penyakit terjadi dan dapat mengakibatkan hilangnya fungsi bagian tubuh tertentu.Tindakan keperawatan mandiri yang bisa dilakukan yaitu memandirikan klien untuk perawatan diri mandi dan oral hygiene. Tujuan dilakukannya penelitian ini, memberikan asuhan keperawatan gangguan personal hygiene pada pasien stroke iskemik di RSUP DR. M. Djamil Padang tahun 2020.

Desain penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian dilakukan di ruang saraf dengan waktu studi kasus pada tanggal 7-11 Februari 2020. Populasi yang ditemukan sebanyak 2 orang, dan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling sehingga didapatkan satu orang sampel. Instrumen pengumpulan data berupa format pengkajian asuhan keperawatan dasar.

Hasil penelitian didapatkan pasien mengalami keluhan penurunan kesadaran, kelemahan eksremitas, rambut kusam dan berbau, lidah putih, kulit kering, kuku kotor dan mulut berbau. Masalah keperawatan pada pasien yaitu defisit perawatan diri : mandi berhubungan dengan gangguan neuromuskular. Rencana keperawatan sesuai dengan SLKI dan SIKI yang telah ditentukan. Implementasi yang dilakukan yakni membantu klien mandi dan oral hygiene untuk perawatan diri secara mandiri. Evaluasi yang dilakukan selama 5 hari teratasi ditandai dengan kemampuan dalam merawat kebersihan diri meningkat secara bertahap.

Disarankan kepada perawat khususnya perawat ruang saraf saat memberikan asuhan keperawatan untuk lebih memperhatikan kebutuhan perawatan diri klien selama dirawat, melakukan perawatan diri mandi bersama keluarga di tempat tidur klien, melakukan oral hygiene, serta menilai kebersihan kuku klien pada pasien stroke iskemik.

Kata Kunci : Asuhan Keperawatan, Personal Hygiene, Stroke Iskemik
Daftar Pustaka: 40 (2010-2018)


Ketersediaan

KTIKP.2085085 Zak AKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
085 Zak A
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
xii, 78 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this