Image of Penerapan Asuhan Keperawatan Pada Pasien Stroke Hemoragik Di Ruang Rawat Inap Saraf RSUP Dr. M. Djamil Padang Tahun 2020

Text

Penerapan Asuhan Keperawatan Pada Pasien Stroke Hemoragik Di Ruang Rawat Inap Saraf RSUP Dr. M. Djamil Padang Tahun 2020



Menurut WHO Angka kejadian stroke di dunia di perkirakan 200 per 100.000 penduduk dalam setahun Data dari RSUP Dr. M. Djamil Padang, didapatkan jumlah penderita stroke hemoragik yang ditangani di Instalasi Rawat Inap Saraf mengalami peningkatan. Dimulai pada tahun 2016 jumlah pen derita stroke hemoragik 203 orang, meningkat menjadi 335 orang pada tahun 2017, tetapi pada tahun 2018 mengalami penurunan yakni 316 0rang, hingga Pada tahun 2019 bulan Januari sampai Desember juga mengalami penurunan 274. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana asuhan keperawatan massage menggunakan VCO pada pasien Stroke Hemoragik di Ruang Syaraf RSUP Dr. M. Djamil Pada tahun 2020.

Desain penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian dilakukan di ruang rawat inap saraf RSUP Dr. M. Djamil Padang dari bulan Desember 2019 sampai dengan Juni 2020. Instrumen pengumpulan data asuhan keperawatan mulai dari pengkajian sampai evaluasi keperawatan. Popolasi penelitian ini seluruh pasien dengan diagnosa medis stroke hemoragik sedangkan sampel diambil sebanyak 1 orang menggunakan metode random sampling.Analisis dilakukan dengan menganalisa temuan tahapan keperawatan yang dilakukan dengan konsep dan teori pasien stroke hemoragik. Asuhan Keperawatan dilakukan tanggal 11 Febuari – 17 Febuari 2020.

Hasil penelitian didapatkan masalah keperawatan Resiko perfusi cerebral tidak efektif berhubungan dengan Ganggauan serebrovaskuler, dengan intervensi Manejemen peningkatan tekanan intracranial. Gangguan mobilitas fisik berhubungan dengan gangguan neuro moskuler dengan intervensi Dukungan Mobilisasi. Resiko gangguan integritas kulit berhubungan dengan penurunan mobilitas dengan intervensi Perawatan integritas kulit. Resiko defisit nutrisi berhubungan dengan ketidakmampuan menelan intervensi manajemen Manajemen gangguan makan. Gangguan citra tubuh berhubungan dengan perubahan fungsi tubuh dengan intervensi Promosi citra tubuh. Pada evaluasi masalah keperawatan pada diagnosa Resiko perfusi cerebral tidak efektif, Resiko gangguan citra tubuh dan Gangguan citra tubuh teratasi seluruhnya sedangkan Gangguan mobilitas fisik dan . Resiko defisit nutrisi teratasi Sebagian.

Melalui kepala ruang rawat inap saraf RSUP Dr. M. Djamil Padang agar perawat dapat mempertahankan hubungan kerja sama yang baik antar tim kesehatan maupun pasien sehingga bisa meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Kata Kunci : Stroke Hemoragik, Asuhan Keperawatan
Daftar Pustaka : 16 (2009-2019)


Ketersediaan

KTIKP.2078078 Rez PKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
078 Rez P
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
x, 82 hlm.: 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this