Image of Asuhan Keperawatan Gangguan Aktivitas Gerak Pada Pasien Stroke Non Hemoragik Di Ruang Rawat Syaraf RSUP Dr. M. Djamil Padang

Text

Asuhan Keperawatan Gangguan Aktivitas Gerak Pada Pasien Stroke Non Hemoragik Di Ruang Rawat Syaraf RSUP Dr. M. Djamil Padang



Gangguan aktivitas gerak pada pasien strokenon hemoragik dapat terjadi karena penurunan kekuatan otot. Angka kejadian stroke non hemoragik di RSUP Dr. M. Djamil padang, 67 orang di tahun 2018, dan 89 orang tahun 2019. Hasil studi dokumentasi terhadap catatan keperawatan tidak ditemukan adanya pelaksanaan latihan ROM (range of motion). Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan asuhan keperawatan gangguan aktivitas gerak pada pasien stroke non hemoragik di ruang rawat syaraf RSUP Dr. M. Djamil Padang tahun 2020.
Desain penelitian adalah deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Tempat penelitian di ruang rawat syaraf RSUP Dr. M. Djamil Padang, dilakukan dari Desember 2019 sampai Juni 2020. Populasi penelitian adalah pasien stroke non hemoragik dengan gangguan aktivitas gerak sebanyak 3 orang, sampel diambil satu orang dengan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu format pengkajian keperawatan dasar, tensi meter, dan stetoskop. Analisa dilakukan dengan membandingkan antara data yang ditemukan pada pasien dengan teori.
Hasil pengkajian didapatkan kekuatan otot ekstremitas kanan pasian 3, tangan dan kaki kanan sulit digerakkan, jari tangan sulit menggenggam, kaki kanan sulit diangkat. Diagnosi keperawatan yaitu gangguan mobilitas fisik berhubungan dengan penurunan kekuatan otot. Intervensi keperawatan yang diambil yaitu, dukungan ambulasi dan teknik latihan penguatan otot. Tindakan yang dilakukan seperti latihan ROM, mengatur posisi, dan mengukur tanda vital. Hasil evaluasi didapatkan pasien mengatakan kebas sudah mulai berkurang, nilai kekuatan otot meningkat dari 3 menjadi 4, tangan dan kaki kanan sudah mulai bisa digerakkan, sehingga masalah teratasi sebagian.
Melalui direktur rumah sakit diharapkan perawat ruangan dapat melakukan latihan ROM pada pasien stroke non hemoragik dengan gangguang aktivitass gerak serta mendokumentasikannya. Bagi peneliti selanjutnya disarankan melihat efektifitas latihan ROM terhadap peningkatan kekuatan otot pada pasien stroke non hemoragik.

Kata kunci: aktivitas gerak, mobilitas, stroke non hemoragik, asuhan keperawatan
Daftar Pustaka: 20 (2007-2018)


Ketersediaan

KTIKP.2049049 Eru AKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
049 Eru A
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
xiii, 73 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this