Image of Asuhan Keperawatan Keluarga Pada Pasien Hipertensi Dengan Ansietas Di Wilayah Kerja Puskesmas Andalas Kota Padang Tahun 2020

Text

Asuhan Keperawatan Keluarga Pada Pasien Hipertensi Dengan Ansietas Di Wilayah Kerja Puskesmas Andalas Kota Padang Tahun 2020



Menurut WHO (2014) didunia sekitar 972 juta orang penderita hipertensi di dunia dengan masalah psikososial yang sering muncul adalah ansietas atau kecemasan. Angka kejadian gangguan mental yang dialami Indonesia pada tahun (2018) prevelensi 9,8%, Dinas Kesehatan Kota Padang 2018 hipertensi menjadi posisi teratas yakni 67.14 kasus, dengan kecematan tertinggi yaitu Andalas 13.780 kasus. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan asuhan keperawatan pada pasien hipertensi dengan ansietas di wilayah kerja Puskesmas Andalas Padang tahun 2020.
Desain penelitian adalah deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian dilakukan di kelurahan Andalas Padang selama 11 hari dengan populasi hipertensi dengan ansietas di wilayah andalas sebanyak 25 orang,di kelurahan andalas dengan 6 orang, lalu dilakukan purposive sampling, untuk mendapatkan responden di lakukan secara undi, proses penyusunan dimulai pada tanggal 4 Maret 2020 sampai 15 Maret 2020. Analisis yang dilakukan yaitu mulai dari pengkajian, diagnose keperawatan, intervensi keperawatan, implementasi keperawatan dan evaluasi keperawatan yang dibandingkan dengan penelitian orang lain serta teori yang ada.
Keluhan utama yang diperoleh dari pengkajian yaitu klien sering merasa cemas dengan konsidi kesehatannya, ,klien mencemasakan kesehatannya semakin menurun seiring dengan bertambahnya usia,klien mengeluh sering merasakan sakit kepala, susah tidur dan cemas sakitnya kambung kembali. Diagnose yang muncul Ansietas berhubungan dengan ketidakmampuan keluarga dalam memanajemen stress, Defisiensi pengetahuan keluarga berhubungan dengan ketidaktahuan tentang penyakit hipertensi, Perilaku kesehatan cenderung berisiko berhubungan dengan stressor berlebihan.
Disarankan pada Pimpinan Puskesmas Andalas terutama yang bertanggungjawab dalam pemegang program Pukesmas agar lebih dapat mengoptimalkan pemberian pendidikan kesehatan serta konseling tentang hipertensi.
Kata kunci : asuhan keperawatan, hipertensi, ansietas
Daftar pustaka : 57 (2010-2018)


Ketersediaan

KTIKP.2006006 Nad AKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
006 Nad A
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
x, 94 hlm.: 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this