No image available for this title

Text

Asuhan Keperawatan pada Lansia dengan Gangguan Personal Hygiene di Panti Sosial Tresna Werdha Sabai Nan Aluih Sicincin Tahun 2019



Yolla Anggia

Asuhan Keperawatan pada Lansia dengan Gangguan Personal Hygiene di Panti Sosial Tresna Werdha Sabai Nan Aluih Sicincin Tahun 2019

Isi : xiii+ 63 Halaman + 11 Lampiran

ABSTRAK

Personal Hygiene (kebersihan diri) adalah salah satu kemampuan dasar manusia dalam memenuhi kebutuhan guna mempertahankan kehidupan, kesehatan, kesejahteraan sesuai dengan kondisi kesehatan. (Depkes, 2000 dalam Muhith, 2016). Berdasarkan data yang didapat dari PSTW Sabai Nan Aluih Sicincin didapatkan data jumlah lansia yang mengalami gangguan personal hygiene pada 11 Februari 2019 sebanyak 26 orang. Tujuan penelitian ini adalah menerapkan asuhan keperawatan pada lansia dengan gangguan personal hygiene di PSTW Sabai Nan Aluih Sicincin tahun 2019.

Metode penelitian yang digunakan yaitu studi kasus dalam bentuk deskriptif. Penelitian dilakukan pada 1 partisipan di PSTW Sabai Nan Aluih Sicincin. Proses penyusunan dimulai dari bulan November sampai Mei 2019 dengan waktu penelitian selama 5 hari. Analisa terhadap proses keperawatan yang dilakukan peneliti meliputi pengkajian, diagnosa, intervensi, implementasi dan evaluasi keperawatan dibandingkan dengan teori.

Hasil pengkajian didapatkan keluhan utama yaitu badan gatal-gatal, badan bau, rambut berminyak, kotor dan bau, kuku tangan dan kaki panjang dan kotor, bau mulut dan adanya gatal-gatal dan kemerahan pada kaki kanan. Diagnosa keperawatan yang didapatkan yaitu defisit perawatan diri: mandi, gangguan integritas kulit, resiko infeksi. Rencana keperawatan yang dilaksanakan sudah terstandar, semua rencana tindakan keperawatan dapat dilaksanakan pada implementasi keperawatan dan evaluasi keperawatan terhadap diagnosa keperawatan yang ditemukan dapat teratasi.

Penelitian ini diharapkan dapat menjadi gambaran bagi pengasuh atau perawat di PSTW Sabai Nan Aluih Sicincin dalam melakukan asuhan keperawatan dan memaksimalkan implementasi yang dilakukan.

Kata Kunci (Key Word) : Personal Hygiene, Asuhan Keperawatan
Daftar Pustaka : 25 (2007-2016)


Ketersediaan

KTIKP.19102102 Yol AKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
102 Yol A
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
xiii, 74 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this