No image available for this title

Text

Asuhan Keperawatan Gangguan Rasa Nyaman Nyeri pada Pasien Post Sectio Caesarea dengan Penerapan Teknik Distraksi (Murottal Al-Quran) Di RSUD Rasidin Padang Tahun 2019



SATYA AJI RAHAYU

Asuhan Keperawatan Gangguan Rasa Nyaman Nyeri pada Pasien Post Sectio Caesarea dengan Penerapan Teknik Distraksi (Murottal Al-Quran) Di RSUD Rasidin Padang Tahun 2019

xii + 56 Halaman + 4 Gambar + 2 Tabel + 12 Lampiran

ABSTRAK
Rata-rata persalinan Sectio Caesarea di RSUD Rasidin Padang mencapai 25 orang per bulan (2018). Berdasarkan wawancara dengan 3 pasien Sectio Caesarea mengeluhkan nyeri hilang timbul, nyeri dirasakan menyebar ke sekitar perut dan nyeri yang dirasakan mengakibatkan pasien sulit untuk tidur dan melakukan aktivitas.Tujuan penelitian mengetahui penerapan teknik distraksi Murottal Al-Quran dalam mengatasi nyeriPostSectio Caesarea.

Desain penelitian deskriptif, dengan melakukan studi kasus. Penelitian dilakukan di ruangan kebidanan pada bulan November 2018 sampai Juni 2019. Populasi ibu Sectio Caesarea sebanyak tiga orang dengan sampel satu orang. Teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling. Data dikumpulkan dengan metode wawancara, pengukuran dan pemeriksaan fisik, dan melalui studi dokumentasi. Menganalisis temuan tahapan proses keperawatan dibandingkan dengan konsep dan teori keperawatan gangguan rasa nyaman nyeri pada pasien post sectio caesarea.

Diagnosa yang muncul nyeri akut, hambatan mobilitas fisik, dan gangguan pola tidur. Setelah dilakukan tujuh kali terapi Murottal Al-Quran terjadi perubahan skala nyeri dari skala 5 menjadi skala 2. Intervensi yang dilakukan terapi Murottal Al-Quran, terapi aktivitas, danterapi relaksasi. Evaluasi hasil penelitian nyeri masih dirasakan pasien akibat involusi uteri.

Melalui Direktur RSUD Rasidin Padang diharapkan perawat di ruangan Kebidanan dapat menerapkan terapi Murottal Al-Quran sebagai intervensi mengurangi nyeri post Sectio Caesarea.Pasien disarankan untuk selalu menyusui anaknya agar uterus cepat kembali normal.


Kata Kunci : Nyeri, Sectio Caesarea, Teknik Distraksi Murottal Al-Quran
Daftar Pustaka : 27 (2008-2018)


Ketersediaan

KTIKP.1977077 Sat AKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
077 Sat A
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
xii, 74 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this