No image available for this title

Text

Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Kejadian Preeklampsia Berat Pada Ibu Hamil di RSUP Dr.M.Djamil Padang Tahun 2018



Osmalina

Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Kejadian Preeklampsia Berat Pada Ibu Hamil di RSUP Dr.M.Djamil Padang Tahun 2018

vii + 56 Halaman + 8 Tabel + 2Gambar + 7 Lampiran

ABSTRAK

Preeklampsia merupakan komplikasi dari gangguan ginjal disertai hipertensi. Data Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat ditemukan kasus preeklampsia-eklampsia sekitar 35,26% dan di Kota Padang sebesar 31,25%. Sedangkan data RSUP Dr. M. Djamil Padang kasus preeklampsia tahun 2016 sebanyak 32,5%, tahun 2017 sebesar 38,8% dan tahun 2018 sebanyak 15,7%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian preeklampsia berat pada ibu hamil di RSUP Dr.M.Djamil Padang tahun 2018.

Jenis penelitian ini adalah surveianalitikdengan desain case controlyang dilakukan di RSUP Dr.M.Djamil Padangpadabulan November 2018 s/d Juni 2019. Populasi semua ibu hamil di RSUP Dr. M. Djamil Padang berjumlah 548 orang, dimana ibu yang preeklampsia berat sebanyak 88 orang dan sampel kontrol ditetapkan dengan perbandingan 1:1 menggunakan teknik systematicrandom sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan format pengumpulan data. Kemudian data diolah secara manual dan dianalisa berdasarkan analisis univariat dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan analisis bivariat dengan uji statistik chi-square.

Hasil penelitiandidapatkan 50,0% ibu hamil mengalami preeklampsia berat. 38,1% ibu hamil memiliki umur beresiko untuk hamil. 26,7% ibu hamil memiliki paritas beresiko untuk hamil. 13,6% ibu hamil dengan kehamilan ganda. Hasil uji statistik adanya hubungan umur ibu hamil (p = 0,001) dengan kejadian preeklampsia berat. Adanya hubungan paritas ibu hamil (p = 0,006) dengan kejadian preeklampsia berat dan adanya hubungan kehamilan ganda (p = 0,001) dengan kejadian preeklampsia berat.

Hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat hubungan umur ibu hamil, paritas ibu hamil dan kehamilan ganda dengan kejadian preeklampsia berat pada ibu hamil, maka diharapkan kepada petugas kesehatan untuk dapat mendeteksi secara dini faktor-faktor yang menyebabkan preeklampsia berat khususnya pada ibu hamil yang memiliki usia, paritas beresiko dan ibu yang mengalami kehamilan kembar dengan cara memberikan pengarahan terkait usia, paritas dan kehamilan kembar sebagai salah satu upaya dalam mencegah preeklampsia berat.

Kata Kunci : Preeklampsia Berat, Umur, Paritas, Kehamilan Ganda
Daftar Pustaka : 44 (2002 – 2018


Ketersediaan

SKRIPSIAJKB.1943043 Osm FSKRIPSI (Skripsi)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
043 Osm F
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
vii, 73 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this