No image available for this title

Text

Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pembuangan Sampah Rumah Tangga Ke TPS Di Kelurahan Pasie Nan Tigo Kecamatan Koto Tangah Kota Padang Tahun 2018



Puja Dewi Perdana

Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pembuangan Sampah Rumah Tangga Ke TPS Di Kelurahan Pasie Nan Tigo Kecamatan Koto Tangah Kota Padang Tahun 2018

viii+ 56 Halaman + 11 Tabel + 2 Gambar + 6 Lampiran

ABSTRAK

Tempat Penampungan Sementara (TPS) memiliki arti tempat sebelum sampah diangkut ke tempat pendaur ulang, pengolahan dan tempat pengolahan sampah terpadu. Hanya terdapat 1 buah kontainer TPS di Kelurahan Pasie Nan Tigo Kecamatan Koto Tangah, dengan jarak dari rumah penduduk menuju TPS  2,5 Km. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan pembuangan sampah rumah tangga berdasarkan tingkat pendidikan, tingkat pendapatan, dan jarak rumah menuju TPS di Kelurahan Pasie Nan Tigo Kecamatan Koto Tangah Kota Padang Tahun 2018.

Penelitian ini menggunakan disain Cross Sectional Study, dilakukan di Kelurahan Pasie Nan Tigo Kecamatan Koto Tangah pada bulan Januari sampai Mei 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh KK yang terdapat di di Kelurahan Pasie Nan Tigo dengan jumlah sampel sebanyak 62 KK. Data dianalisis dengan uji statistik Chi-Square.

Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan didapatkan jumlah KK yang membuang sampah rumah tangga ke TPS 41,9%. Tingkat pendidikan ketegori tinggi sebanyak 71 %, tingkat pendapatan kategori tinggi sebanyak 66,1% dan kategoro jarak rumah jauh sebanyak 48,8%. Tidak terdapat hubungan bermakna antara tingkat pendidikan dengan pembuangan sampah rumah tangga ke TPS diperoleh nilai p value = 0,552, tidak terdapat hubungan bermakna antara tingkat pendapatan dengan pembuangan sampah rumah tangga ke TPS diperoleh nilai p value = 0,477 dan terdapat hubungan antara jarak rumah menuju TPS diperoleh nilai p value = 0,009.

Diharapkan masyarakat agar lebih memahami pentingnya membuang sampah rumah tangga ke TPS guna untuk mengurangi dampak dari pembuangan sampah rumah tangga yang tidak benar.

Kata Kunci : TPS, pendidikan, pendapatan, jarak
Referensi : 24 (1988-2017)


Ketersediaan

SKRIPSIKL.1819019 Puj FSKRIPSI (SKRIPSI)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
019 Puj F
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
viii, 62 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this