No image available for this title

Text

Analisis Risiko Gangguan Saluran Pernafasan Akibat Paparan Debu PM10 Pada Pekerja Industri Mebel Kayu CV Cahaya Furniture Kota Padang Tahun 2018



Rahmatilah Anugerah


Analisis Risiko Gangguan Saluran Pernafasan Akibat Paparan Debu PM10 Pada Pekerja Industri Mebel Kayu CV Cahaya Furniture Kota Padang Tahun 2018

Vii+45 halaman,5 tabel, 2 gambar, 7 lampiran

ABSTRAK

Industri mebel kayu CV Cahaya Furniture merupakan salah satu industri yang menghasikan debu. Debu yang ada dihasilkan dari proses penggergajian, pengamplasan dan pengecatan terlihat dari debu yang menempel di rambut, baju dan di lingkungan kerja. Tidak ada satupun pekerja yang menggunakan alat pelindung diri. Pencemaran PM10 berdampak pada gangguan saluran pernafasan. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat analisis risiko gangguan saluran pernafasan akibat paparan debu PM10.

Penelitian ini menggunakan desain deskriptif dengan pendekatan analisis risiko kesehatan lingkungan dilakukan di lingkungan kerja CV Cahaya Furniture di Kampung Jua Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang. Sampel penelitian ini adalah debu yang diambil tiga titik dibagian penggergajian, pengamplasan dan pengecatan. Data yang dikumpulkan dengan melakukan pengukuran kadar debu dan juga mengajukan kuesioner.

Sumber kegiatan potensial yang terdapat unsur debu PM10 berasal dari kegiatan penggergajian, pengamplasan dan pengecatan dengan konsentrasi PM10 rata-rata pada proses penggergajian adalah 9,21 mg/m3, pada proses pengamplasan 9,86 mg/m3, pada proses pengecatan 10,43 mg/m3 dengan demikian pada proses pengecatan melebihi nilai ambang batas yaitu 10 mg/m3 menurut Permenakertrans no.13 tahun 2011. Sebanyak 73,3 % pekerja mengalami gangguan saluran pernafasan dan berdasarkan perhitungan menunjukkan 100% pekerja berisiko mengalami gangguan kesehatan.

Untuk itu perlu mengurangi dampak dari kegiatan industri dengan cara pengurangan jam kerja atau pergantian jam kerja dan pengggunaan alat pelindung diri untuk mengurangi jumlah konsentrasi debu terhirup, kemudian perlunya pengawasan dan pemantauan lingkungan kerja oleh dinas terkait.

Daftar Pustaka : 23 (2002-2017)
Kata Kunci : Debu, risiko, gangguan saluran pernafasan


Ketersediaan

SKRIPSIKL.1820020 Rah ASKRIPSI (SKRIPSI)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
020 Rah A
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
vii, 52 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this