No image available for this title

Text

Analisis Kadar Debu PM10 Di Udara Dan Keluhan Subjektif Sistem Pernafasan Pada Pekerja Bengkel Cat Mobil Wahana Andalas Prima Autobody Ulak Karang Selatan Kota Padang Tahun 2018



Ratna Nengsi

Analisis Kadar Debu PM10 Di Udara Dan Keluhan Subjektif Sistem Pernafasan Pada Pekerja Bengkel Cat Mobil Wahana Andalas Prima Autobody Ulak Karang Selatan Kota Padang Tahun 2018

VI + 55 halaman + 6 tabel + 10 lampiran + 3 gambar

ABSTRAK
Debu yang berterbangan ada berbentuk halus dan kasar. Debu yang kasar akan cepat mengendapke tanah, sedangkan debu yang halus akan lama berada di udara sehingga dapat terhirup oleh pekerja.Keluhan yang didapat dari 3 orang pekerja, 2 orang mengalami batuk, 1 orang mengalami nyeri dada disertai pusing dan demam tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan Analisis Kadar Debu PM10 Di Udara Dan Keluhan Subjektif Sistem Pernafasan Pada Pekerja Bengkel Cat Mobil Wahana Andalas Prima Autobody Ulak Karang Selatan Kota Padang Tahun 2018.

Desain penelitian ini adalah penelitian deskripttif analitik, yaitu untuk melihat gambaran dan melakukan analisis kadar debu PM10 di udara. Lokasi penelitian di Bengkel Cat Mobil Wahana Andalas Prima Autobody Ulak Karang Selatan Kota Padang. Penelitian dilakukan pada bulan Januari – Februari 2018, dengan populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah semua pekerja bengkel cat mobil dan kadar debu PM10 di semua udara sekitar bengkel cat mobil bagian proses pengamplasan, pendempulan, dan poxsy.

Hasil penelitian didapatkan konsentrasi PM10 di udara bengkel cat mobil pada lokasi titik kedua saat proses dempul dengan jarak 4 meter yaitu 9,16 mg/m3. Umur pekerja rata-rata 28,57 tahun, berat badan pekerja rata-rata 54,71 kg, dengan frekuensi paparan 212 tahun, dan durasi paparan 1,85 tahun. Dosis respon paparan debu PM10 adalah 0,03 mg/m3. Analisis pajanan yang nilai asupan tertinggi pada sampel 1 yaitu 0,117386306 mg/kg/hari. Analisis karakteritik risiko ada dua pekerja yang tidak berisiko. Keluhan gangguan pernafasan 57,41% pada pekerja.
Melakukan pemantauan pemeriksaan kesehatan secara berkala minimal 6 bulan sekali kepada para perkerja dan pihak perusahaan memberikan jaminan kesehatan bagi para pekerja bengkel cat mobil.

Daftar Pustaka : 22 (1994-2016)
Kata Kunci : Debu, risiko, gangguan saluran pernafasan


Ketersediaan

SKRIPSIKL.1821021 Rat ASKRIPSI (SKRIPSI)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
021 Rat A
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
vi, 65 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this