No image available for this title

Text

Analisis Kepadatan Jentik, Metode 3M Plus (Menguras, Menutup, Mendaur Ulang) dan Kepadatan Rumah dengan Risiko Penularan Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kelurahan Parupuk Tabing Kecamatan Koto Tangah Kota Padang Tahun 2018



Rian Almauludi (141210715)

Analisis Kepadatan Jentik, Metode 3M Plus (Menguras, Menutup, Mendaur Ulang) dan Kepadatan Rumah dengan Risiko Penularan Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kelurahan Parupuk Tabing Kecamatan Koto Tangah Kota Padang Tahun 2018

x + 58 halaman, 12 tabel, 1 grafik, 2 bagan, 13 lampiran

ABSTRAK

Kasus DBD yang ditemukan di wilayah kerja Puskesmas Lubuk Buaya pada tahun 2016 berjumlah 85 kasus, kasus lebih banyak dibanding dari tahun 2015 yaitu sebanyak 67 kasus. Di wilayah kerja Puskesmas Lubuk Buaya yang paling banyak terjadi kasus DBD yaitu di Kelurahan Parupuk Tabing sebanyak 26 kasus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Kepadatan Jentik, Metode 3M Plus (Menguras, Menutup, Mendaur Ulang) dan Kepadatan Rumah dengan Risiko Penularan Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kelurahan Parupuk Tabing Kecamatan Koto Tangah Kota Padang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan pendekatan Cross Sectional. Subjek yang diteliti adalahkepala keluarga atau pasangannya di RW 7 Kelurahan Parupuk Tabing Kecamatan Koto Tangah, dengan besar sampel sebanyak 100 rumah dan KK. Uji statistik menggunakan Uji Chi square.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepadatan jentik nyamuk Aedes aegyptidi Kelurahan Parupuk Tabing berada pada rentang DF 3-4 yang berarti sedang, dengan hasil House Index (HI) 28%, Breteau Index (BI) 34%, Container Index (CI) 8,37% dan Angka Bebas Jentik (ABJ) 72%. Hasil penelitian metode 3M Plus di Kelurahan Parupuk Tabing menunjukkan bahwa KK yang menerapkan metode 3M Plus dalam kategori baik sebanyak 55 KK dan kategori buruk 45 KK. Kepadatan Rumah di Kelurahan Parupuk Tabing sebesar 538,788 unit/km2 yang berarti dalam kategori sedang. Ada hubungan yang bermakna antara KK yang menerapkan metode 3M Plus (p=0,001) dengan risiko penularan demam berdarahdengue (DBD).
Diharapkan kepadapetugas kesehatan atau petugas terkait untuk meningkatkan program dan upaya-upaya pencegahan dan pengendalian penyakit DBD.

Kata Kunci : Kepadatan Jentik, Metode 3M Plus, Kepadatan Rumah, Risiko Penularan Demam Berdarah Dengue (DBD)
Daftar Pustaka : 42 (1999-2017)


Ketersediaan

SKRIPSIKL.1823023 Ria ASKRIPSI (SKRIPSI)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
023 Ria A
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
x, 71 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this