No image available for this title

Text

Hubungan Jumlah Kendaraan Bermotor Dengan Kadar Timbal (Pb) di Udara Pada Jalan M.Yamin dan Jalan Rasuna Said Kota Padang Tahun 2018



LADIESVIA DWINTA AULIA ARMAWAN
141210698

Hubungan Jumlah Kendaraan Bermotor Dengan Kadar Timbal (Pb) di Udara Pada Jalan M.Yamin dan Jalan Rasuna Said Kota Padang Tahun 2018

vii + 53 halaman, 9 tabel, 3 gambar, 5 lampiran


ABSTRAK
Pencemaran udara adalah masuknya atau dimasukkannya zat, energi, dan atau komponen lain ke dalam udara ambien oleh kegiatan manusia. Sumber utama dari pencemaran berasal dari kendaraan bermotor yang menghasilkan 85% dari seluruh pencemaran udara. Aktifitas kendaraan bermotor menghasilkan timbal yang sangat berbahaya jika terhirup, karena timbal bersifat toksik dan dapat terakumulasi dalam tubuh. Keberadaan kendaraan bermotor dapat mempengaruhi kadar timbal di udara. Penelitian ini bertujuan menghubungkan kadar timbal di udara pada Jalan Rasuna Said dan M.Yamin Kota Padang.
Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian crossectinal hubungan jumlah kendaraan bermotor dengan kadar timbal di udara pada Jalan M.Yamin dan Rasuna Said Kota Padang dengan pengambilan sampel sebanyak tiga kali perhari selama dua hari mengukur suhu dan kelembaban, mengukur arah dan kecepatan angin serta menghitung jumlah kendaraan bermotor yang melewati Jalan M.Yamin dan Jalan Rasuna Said dalam waktu yang bersamaan.
Hasil penelitian menunjukkan kadar timbal berkorelasi positif terhadap peningkatan jumlah kendaraan bermotor pada Jalan Rasuna Said dan Jalan M.Yamin dengan nilai r = 0,83 dan r=0,9. Keberadaan vegetasi dan bangunan bertingkat sekitar jalan berperan terhadap penurunan kecepatan angin. Kecepatan angin yang rendah berpengaruh negatif terhadap sebaran polutan. Selain itu jenis vegetasi yang berada di jalan juga berperan meningkatkan kelembaban, uap air yang menguap dapat melarutkan timbal di udara.
Berdasarkan hasil penelitian kadar timbal di udara berkisar 0,19-0,15 µg/m3 dengan hubungan korelasi yang kuat. Oleh sebab itu, perlu pengukuran berkala pada jalan padat kendaraan dan melakukan upaya penyehatan udara pada ruas jalan dengan melihat peran vegetasi yang ada dalam penyerapan polutan pada jalan padat kendaraan bermotor.


Kata Kunci : Pencemaran Udara, Timbal (Pb), dan kendaraan bermotor


Ketersediaan

SKRIPSIKL.1810010 Lad HSKRIPSI (SKRIPSI)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
010 Lad H
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
vii, 58 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this