No image available for this title

Text

Kemampuan Kombinasi Media Zeolit Dan Arang Batok Dalam Menurunkan Kadar Besi (Fe) Pada Air SumurGali di Jorong Makmur Nagari Padang Gelugur Kecamatan Padang Gelugur Kabupaten Pasaman Tahun 2018



Ira Vitnoma
Kemampuan Kombinasi Media Zeolit Dan Arang Batok Dalam Menurunkan Kadar Besi (Fe) Pada Air SumurGali di Jorong Makmur Nagari Padang Gelugur Kecamatan Padang Gelugur Kabupaten Pasaman Tahun 2018

v + 52 halaman, 6 tabel, 6 lampiran

ABSTRAK

Air sumur gali di Jorong Makmur Nagari Padang Gelugur berwarna kuningbahkanberwarna merah kecoklatan dan terasa pahit, sehingga air tersebut diduga mengandung logam Fe, untuk itu perlu dikembangkan teknologi tepat guna yang mudah diterapkan di masyarakat dengan memanfaatkan zeolit dan arang batok yang selama ini dianggap sampah. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui kemampuan zeolit dan arang batok untuk menurunkan kadar Fe pada air sumur didaerah Padang Gelugur Kabupaten Pasaman.

Penelitian ini bersifat eksperimen sungguhan (true experiment) dengan rancangan penelitian pretes-postes dengan kelompok kontrol yaitu pemanfaatkan zeolit dan arang batok untuk menurunkan kadar Fe pada air sumur gali. Objek penelitian ini adalah air sumur gali yang berwarna kuning kecoklatan dan berbau amis dengan 3 perlakuan (zeolit, arang batok, dan zeolit dan arang batok) dan 3 ulangan. Data di analisa secara bivariat dengan menggunakan uji Anova pada berbagai perlakuan.

Hasil penelitian diperoleh rata-rata besar penurunan kadar Fe air sumur gali setelah dilakukan penyaringan dengan media zeolit sebesar 0,143 mg/l (94,95%), rata- rata penurunan kadar Fe dengan media arang batok sebesar 0,236 mg/l (91,67%), dan rata-rata penurunan kadar Fe dengan media zeolit dan arang batok sebesar 0,18 mg/l (93,67%). Hasil uji Anova menunjukkan p (0.001) < α (0,05), terdapat ada perbedaan rata-rata kualitas air sumur gali setelah dilakukan penyaringan dengan kombinasi media filter zeolit dan arang batok dalam menurunkan kadar Fe yang berarti zeolit dan arang batok lebih mampu menurunkan kadar Fe pada air sumur.

Logam Fe mampu diturunkan oleh zeolit dan arang batok, maka disarankan menggunakan penyaringan dengan media filter zeolit yaitu mengingat besar kemampuan zeolit untuk menurunkan kadar Fe sebesar 94,95%.

Daftar Kepustakaan = 17 (2003-2017)
Kata kunci =“Kadar Fe, zeolit, arang batok”


Ketersediaan

SKRIPSIKL.1808008 Ira KSKRIPSI (SKRIPSI)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
008 Ira K
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
v, 58 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this