Text
Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Penerapan Metode Bernyanyi Terhadap Peningkatan Kemampuan Cuci Tangan Pakai Sabun pada Anak Prasekolah di TK Nurul Iman Bunga Tanjung Kec. Batipuh Kab. Tanah Datar Tahun 2018
Fikratul Hasanah
Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Penerapan Metode Bernyanyi Terhadap Peningkatan Kemampuan Cuci Tangan Pakai Sabun pada Anak Prasekolah di TK Nurul Iman Bunga Tanjung Kec. Batipuh Kab. Tanah Datar Tahun 2018.
ix + 73 halaman, 7 tabel, 1 gambar, 10 lampiran
ABSTRAK
Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun yang tidak benar masih tinggi ditemukan pada anak usia 10 tahun ke bawah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pendidikan kesehatan dengan penerapan metode bernyanyi terhadap peningkatan kemampuan cuci tangan pakai sabun pada anak prasekolah di TK Nurul Iman Bunga Tanjung Tahun 2018.
Jenis Penelitian ini adalah pra eksperimental dengan rancangan one group pre test- post test dan teknik pengambilan sampel dengan metode total sampling. Waktu penelitian dilakukan pada bulan Februari 2018. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 41 orang. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon Rank Test dengan α 0,05. Metode yang di pakai adalah dengan menggunakan metode bernyanyi sambil mendemonstrasikan. Instrumen penelitian menggunakan Lembar Evaluasi.
Hasil penelitian sebelum diberikan pendidikan kesehatan diketahui nilai skor rata-rata kemampuan cuci tangan pakai sabun anak prasekolah adalah 2.41 dengan standar deviasi adalah 1.565. Sesudah diberikan pendidikan kesehatan diketahui nilai skor rata-rata kemampuan cuci tangan pakai sabun adalah 5.90 dengan standar deviasi 1.446. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon Signed Rank Test didapatkan nilai p
Tidak tersedia versi lain