No image available for this title

Text

Hubungan Pengetahuan dan Sikap Penjamah Makanan dengan Tindakan Pengolahan Makanan pada Makanan Pasien di Instalasi Gizi Rumah Sakit Stroke Nasional Bukittinggi Tahun 2018



Agesty Deviosa , 141210686

Hubungan Pengetahuan dan Sikap Penjamah Makanan dengan Tindakan Pengolahan Makanan pada Makanan Pasien di Instalasi Gizi Rumah Sakit Stroke Nasional Bukittinggi Tahun 2018

vi+ 42 halaman + 7 tabel + 2 gambar + 7 lampiran

ABSTRAK
Pengelolaan makanan adalah kumpulan kegiatan dalam menangani makanan yang dimulai sejak pengadaan bahan makanan sampai penyajian makanan. Di Rumah Sakit Stroke Nasional Bukittinggi, didapatkan masih adanya tenaga penjamah yang tidak memakai alat pelindung diri dengan baik pada saat memasak, serta tidak mencuci tangan sebelum atau setelah memegang bahan makanan dan berbicara pada saat melakukan pengolahan makanan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahuai hubungan pengetahuan dan sikap tenaga penjamah terhadap tindakan tenaga penjamah dalam pengolahan makanan pada makanan pasien Di Unit Gizi Rumah Sakit Stroke Nasional Bukittinggi.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Descriptive Analytic dengan pendekatan Cross Sectional. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode total sampling sebanyak 20 responden. Analisis data menggunakan analisis univariat dan analisis bivariat. Instrumen pengumpulan data dilakukan dengan kusioner dan lembar observasi. Uji statistik yang digunakan adalah uji Chi-Square.
Sebesar 45% responden memiliki pengetahuan yang rendah dalam pengolahan makanan, 40% responden memiliki sikap yang buruk dalam pengolahan makanan, dan 35% responden memiliki tindakan pengolahan makanan yang buruk.Tidak ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan tenaga penjamah makanan dengan tindakan pengolahan makanan. Namun, ada hubungan yang signifikan antara sikap tenaga penjamah makanan dengan tindakan pengolahan makanan.
Disarankan kepada petugas penjamah makanan agar melaksanakan proses pengolahan makanan sesuai prosedur.Melakukan pengawasan oleh kepala instalasi gizi guna melakukan pembinaan terhadap tenaga penjamah serta memberikan pengetahuan terhadap penjamah mengenai prosedur yang benar dalam pengolahan makanan.

Kata Kunci :Pengetahuan, Sikap, Tindakan, Pengolahan Makanan
Kepustakaan : 22 (1991- 2015)


Ketersediaan

SKRIPSIKL.1801001 Age HSKRIPSI (SKRIPSI)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
001 Age H
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
vi, 49 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this