No image available for this title

Text

Gambaran Status Gizi, Rasio Kadar Profil Lipid Darah, Dan Kadar Gula Darah Pasien Stroke Iskemik Di Ruang Rawat Inap Neurologi RSSN Bukittinggi Tahun 2018



Ana Khairiyah
Gambaran Status Gizi, Rasio Kadar Profil Lipid Darah, Dan Kadar Gula Darah Pasien Stroke Iskemik Di Ruang Rawat Inap Neurologi RSSN Bukittinggi Tahun 2018
Vii + 50 halaman, 22 tabel, 8 lampiran
ABSTRAK
Penyakit stroke berada pada urutan ketiga sebagai etiologi kematian di dunia. Pada tahun 2020 diperkirakan 7,6 juta orang akan meninggal karena stroke. Stroke terbagi menjadi 2 jenis yakni stroke iskemik dan stroke hemoragik, darike 2 jenis stroke yang paling banyak diderita pasien yakni stroke iskemik kurang lebih 85% dari stroke adalah iskemik dan 15% adalah stroke hemoragik. Stroke iskemik yakni adanya aterosklerosis pada otak. Arterosklerosis diperkuat dengan adanya faktor-faktor risiko seperti umur, jenis kelamin, status gizi lebih (obesitas dan obesitas sentral), diabetes militus,dan dislipidemia. Tujuan dari penelitian ini yakni mengetahui gambaran status gizi, rasiokadarprofillipid darah, dan kadar gula darah pasien stroke iskemik.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, dengan jumlah sampel 38 orang. Pengambilan sampel penelitian dilakukan secara purposive sampling. Jenis data yakni data primer dan data sekunder. Penelitian dilakukan di RSSN Bukittinggi, mulai September 2017 sampai Juni 2018. Data yang terkumpul kemudian diolah dan dianalisis secara komputerisasi. Analisis data mencakupan alisis univariat, data yang disajikan dalam bentuk tabel yang disertai narasi sebagai penjelasan.
Hasil penelitian didapatkan 64,3% mengalami obesitas sentral, 69% rasio total kolesterol/HDL berada pada kategori tinggi, 61,9% rasio LDL/HDL berada pada kategori tinggi, dan 40,5% rasio trigliserida/HDL berada pada kategori cukup tinggi dan tinggi, hamper separuh (40,5%) GDP berada pada kategori tinggi, hanya 9,5% gula darah 2 jam PP berada pada kategori tinggi.
Bagi laki-laki yang berumur>55 tahun yang bekerja dapat mewaspadai bahwa factor resiko stroke iskemik seperti obesitas sental, rasio kadar profil lipid darah, dan kadar gula darah banyak pada laki-laki berumur >55 tahun yang bekerja.
Kata Kunci: kadar gula darah, rasio kadar profil lipid darah, status gizi
DaftarBacaan : 35 ( 1997-2018)


Ketersediaan

KTIGZ.1803003 Ana GKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
003 Ana G
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this