No image available for this title

Text

Gambaran Profil Lipid, Asupan Serat, dan Status Gizi Pada Pasien Stroke Rawat Jalan di Poliklinik Saraf RSUP Dr.M.Djamil Padang Tahun 2018



Chika Ardi
Gambaran Profil Lipid, Asupan Serat, dan Status Gizi Pada Pasien Stroke Rawat Jalan di Poliklinik Saraf RSUP Dr.M.Djamil Padang Tahun 2018.
Vi + 70 halaman + 38 tabel + 13 Lampiran

ABSTRAK
Stroke berada di urutan ketiga sebagai penyebab kematian di dunia setelah jantung dankanker, dan merupakan penyebab kecacatan jangka panjang nomor satu di dunia. Oleh karena itu, berdasarkan identifikasi tersebut maka dapat dilakukan tindakan pencegahan dan penanggulangan penyakit stroke, terutama untuk menurunkan angka penderita stroke. Berdasarkan hasil tersebut, penulis melakukan sebuah penelitian bertujuan untuk mengetahui Gambaran Profil Lipid, Asupan Serat, dan Status Gizi Pasien Stroke Rawat Jalan di Poliklinik Saraf RSUP Dr. M. Djamil Padang Tahun 2018”.
Penelitian ini adalah Penelitian Deskriptifdengan desain penelitian Survey Reseacrh Methodyang dilakukan di Poliklinik Saraf RSUP Dr. M. Djamil Padang dari bulan September tahun 2017 sampai dengan Juni tahun 2018. Pengambilan sampel dilakukan secara Accedetal Sampling, data yang dikumpulkan terdiri dari data primer tentang data asupan serat diperoleh dari wawancara menggunakan format food frequency quetionare semiquantitatif (SQ-FFQ) dan data status gizi diperoleh dari hasil pengukuran BB dan TB. Data sekunder tentang data profil lipid diperoleh dari buku status pasien rekam medis. Analisis data yang dikumpulkan dilakukan secara univariat.
Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan karakteristik, penderita stroke lebih banyak pada rentang umur 50-69 tahun, pada wanita, yang bekerja sebagai rumah tangga , dan yang berpendidikan SLTA. Kadar profil lipid yaitu LDL, Trigliserida, dan Kolesterol Total lebih banyak Kadar normal (81,0%, 71,4%, 71,4%) dan untuk kadar HDL lebih banyak kadar rendah (95,2%).Asupan serat penderita stroke memiliki asupan kurang. Rata –rata asupan serat 12,81 g/hari.Status gizi pasien stroke yang lebih banyak normal (66,7%).
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan masyarakat sebaiknya meningkatkan konsumsi serat sesuai yang dianjurkan yaitu 25 gr/hari sebagai upaya untuk mencegah terjadinya penyakit stroke.
Kata Kunci : Status Gizi, Profil Lipid, Asupan Serat Daftar Pustaka : 19 (2002-2018)


Ketersediaan

KTIGZ.1813013 Chi GKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
013 Chi G
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
vi, 83 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this