No image available for this title

Text

Mutu Organoleptik, Kadar Serat, dan Kadar Vitamin C Es Krim dengan Penambahan Bengkuang dan Markisa



Natasya Yoseva

Mutu Organoleptik, Kadar Serat, dan Kadar Vitamin C Es Krim dengan Penambahan Bengkuang dan Markisa

vi + 72 Halaman + 15 Tabel + 1 Grafik + 8 Lampiran

ABSTRAK

Es krim adalah produk beku berasa manis yang terbuat dari susu, pemanis, pengemulsi dan penstabil. Kandungan dalam 100 gram es krim terdiri dari 210 kkal energi, 4 g protein, 12,5 g lemak, dan 20,6 karbohidrat dan sedikit antioksidan alami seperti vitamin C dan vitamin A dan rendah serat yaitu 0% serat. Oleh karena itu untuk meningkatkan nilai serat dan antioksidan alaminya seperti vitamin C maka perlu penambahan bahan makanan yang tinggi serat dan vitamin C salah satunya adalah bengkuang dan markisa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mutu organoleptik, kadar serat, dan kadar vitamin c pada es krim dengan penambahan bengkuang dan markisa.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yaitu 3 perlakuan, 1 kontrol dan 2 kali pengulangan. Pengamatan dilakukan dengan dua cara yaitu subjektif (uji hedonik/ mutu organoleptik) dianalisis dengan uji sidik ragam (ANOVA) yang telah dilanjutkan dengan uji DNMRT (Duncan New Multiple Range Test) dengan taraf 5% dan objektif (uji kadar serat dan kadar vitamin c) dengan metode enzimatis dan metode iodimetri.
Hasil penelitian berdasarkan uji sidik ragam (ANOVA) didapatkan bahwa es krim dengan penambahan bengkuang dan markisa dari segi warna berada pada tingkat suka, sama halnya dari segi aroma, rasa, dan tekstur. Setelah dilakukan uji sidik ragam (ANOVA) terdapat perbedaan nyata dari segi rasa pada penambahan bengkuang dan markisa. Perlakuan terbaik pada es krim dengan penambahan bengkuang dan markisa yaitu perlakuan C dengan penambahan bengkuang 20 gr dan markisa 20 ml mengandung kadar serat0,18 gr dan kadar vitamin C 0,2746 mg.
Penerimaan es krim bengkuang dan markisa berada pada tingkat suka dari segi rasa, aroma, warna, dan tekstur. Disarankanuntuk penelitian selanjutnya meneliti kandungan kalsium pada es krim bengkuang dan markisa ini.


Kata Kunci : Es Krim, Bengkuang, Markisa, Serat, Vitamin C
DaftarPustaka : 35 (1985 – 2016)


Ketersediaan

KTIGZ.1850050 Nat PKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
050 Nat P
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
vi, 80 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this