No image available for this title

Text

Asuhan Keperawatan pada Pasien dengan Stroke Iskemik di Rumah Sakit Stroke Nasional Bukittinggi Tahun 2018



Rizka Yuliana Turcia
“Asuhan Keperawatan pada Pasien dengan Stroke Iskemik di Rumah Sakit Stroke Nasional Bukittinggi Tahun 2018”
xii + 75 halaman, 6 tabel, 11 lampiran
ABSTRAK
Stroke merupakan penyebab kematian nomor dua dan penyebab keenam dari kecacatan, dimana angka kejadian stroke iskemik di dunias ebanyak70%-85% (WHO 2016), di Indonesia pada tahun 2013 sebanyak 52,9%, dan Sumatera Barat sebanyak12,3 dari 1000 populasi (Riskesdas tahun 2013). Berdasarkan data dari Rekam Medis RSSN Bukittinggi jumlah pasien stroke iskemik dari bulan Januari - September 2017 sebanyak 2531 orang. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan asuhan keperawatan pada pasien dengan stroke iskemik di RSSN Bukittinggi.
Jenis dan desain penelitian yang digunakan adalahdeskriptifdengan pendekatanstudi kasus.Tempat penelitian di IRNA C RSSN Bukittinggi. Waktu penelitian dimulai dari bulan Oktober 2017-Juni 2018. Populasi penelitian sebanyak 8 orang dengan diagnosa stroke iskemik di RSSN Bukittinggi dengan sampel 2 partisipanyang diambil secara purposive sampling yang memenuhi kriteria inklusi. Metode penelitian dilakukan dengan cara anamnesa, pemeriksaan fisik, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis dilakukan dengan menganalisa semua temuan pada tahapan proses keperawatan menggunakan konsep dan teori keperawatan pada pasien dengan stroke iskemik.
Hasil penelitian didapatkan masalah keperawatan yaitu ketidakefektifan perfusi jaringan serebral, tindakan yang dilakukan yaitu elevasi kepala, pemberian oksigen dan monitor tanda –t anda vital, masalah hambatan mobilitas fisik tindakan yang dilakukan perawatan tirah baring, masalahhambatan komunikasi verbal tindakan yang dilakukan peningkatan komunikasi, masalah ketidakseimbangan nutrisi tindakan yang dilakukan manajemen nutrisi, masalah defisit perawatan diri tindakan yang dilakukan bantuan perawatan diri, dimana evaluasi dari kelima diagnosis tersebut sebagian teratasi.
Disarankan melalui direktur RSSN Bukittingi diharapkan perawat ruangan dalam memberikan asuhan keperawatan agar lebih memperhatikan posisi kepala pasien dalam upaya memperbaiki perfusi serebral pasien dan memberikan pendidikan kesehatan mengenai stroke kepada pasien dan keluarga terutama pasien yang terserang stroke yangpertama kali.
Kata kunci : Stroke Iskemik, Asuhan Keperawatan
DaftarPustaka :26 (2010-2017)


Ketersediaan

KTIKP.1881081 Riz AKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
081 Riz A
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
xii, 86 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this