No image available for this title

Text

Asuhan Keperawatan Gangguan Pemenuhan Mobilisasi pada Pasien Stroke Iskemik di Ruang Rawat Inap Syaraf RSUP Dr. M. Djamil Padang Tahun 2018



Aulia Permata Sari
Asuhan Keperawatan Gangguan Pemenuhan Mobilisasi pada Pasien Stroke Iskemik di Ruang Rawat Inap Syaraf RSUP Dr. M. Djamil Padang Tahun 2018
Isi : x + 84 halaman, 8 tabel,15 lampiran
ABSTRAK
Gangguan pemenuhan mobilisasi merupakan masalah utama pada pasien Stroke Iskemik.Perawat ruangan sering menganjurkan untuk latihan ROM pada bagian lemah anggota gerak namun pasien belum mengetahui cara melakukan latihan ROM. Tujuan penelitianuntuk mendeskripsikan asuhan keperawatan gangguan pemenuhan mobilisasi pada pasien Stroke Iskemik di ruang rawat inap syaraf RSUP Dr. Mdjamil Padang pada Tahun 2018.
Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptifdengan pendekatan studi kasus. Waktu penelitian dilakukan pada bulan September 2017 sampai dengan Juni 2018. Populasi adalah pasien Stroke Iskemik yang mengalami gangguan pemenuhan mobilisasi. Besar sampel terdiri dari dua partisipan yang memenuhi kriteria.Instrumen yang digunakan format asuhan keperawatan dengan cara pengumpulan data berupa wawancara, pemeriksaan fisik, pengukuran dan studi dokumentasi. Analisis data dengan membandingkan dua partisipan dengan teori.
Hasil penelitian pada kedua pastisipan mengalami lemah anggota gerak dan pada partisipan dua terjadi udem pada tangan yang lemah dan memerah. Diagnosa pada partisipan pertama dan kedua hambatan mobilitas fisik, defisit perawatan diri, dan pada partisipan pertama ditemukan masalah resiko kerusakan intergritas kulit. Rencana dan tindakan keperawatan yaitu latihan gerak aktif dan pasif Range Of Motion (ROM). Evaluasi keperawatan yang dilakukan selama 5 hari. Pada diagnosa pertama terdapat peningkatan kekuatan otot pada hari ketiga dari kekuatan otot 1 menjadi 2 dan pada partsipan kedua dengan kekuatan otot 2 menjadi 3 pada hari kelima kekuatan otot pada partisipan pertama menjadi 3 dan partisipan kedua menjadi 4, pada diagnosa kedua aktivitas masih dibantu dan pada diagnosa ketiga untuk pertisipan pertama udem sudah mulai berkurang.
Disarankan kepada perawat melalui Direktur Rumah Sakit untuk melatih pasien Stroke Iskemik dalam peningkatan Kekuatan oton dengan cara latihan ROM.
Kata kunci : Gangguan Pemenuhan Mobilisasi, Stroke Iskemik, Asuhan keperawatan
Daftar pustaka : 27 (2008-2017)


Ketersediaan

KTIKP.1810010 Aul AKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
010 Aul A
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
x, 99 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this