No image available for this title

Text

Asuhan Keperawatan Gangguan Mobilisasi Fisik Pada Pasien Stroke Hemoragik di Ruang Rawat Inap Syaraf RSUP Dr. M.Djamil Padang Tahun 2018



Rezky Rahmadhani

Asuhan Keperawatan Gangguan Mobilisasi Fisik Pada Pasien Stroke Hemoragik di Ruang Rawat Inap Syaraf RSUP Dr. M.Djamil Padang Tahun 2018

Isi :xiii + 71 halaman + 8 tabel + 12 lampiran

ABSTRAK
Provinsi Sumatra Barat menempatiurutan ke-11 dari 33 provinsi yang ada di Indonesia dengan persentase 7,4% berdasarkan diagnosis tenaga kesehatan terhadap prevalensi penyakit stroke. Berdasarkan survey awal bulan November 2017 terdapat 3 orang pasien di Ruang Rawat Inap Syaraf RSUP Dr. M. Djamil Padang mengatakan perawat ada melakukan latihan pada angota gerak atas tetapi pada anggota gerak yang lain tidak, latihan yang dilakukan hanya berupa menggerakkan tangan yang mengalami kelemahan anggota gerak. Tujuan penelitian untuk mengetahui asuhan keperawatan gangguan mobilisasi fisik pada pasien stroke hemoragik.

Metode penelitian adalah deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian dilakukan di Ruang Rawat Inap Syaraf RSUP Dr. M. Djamil Padang dari bulan Oktober 2017 sampai Juni2018. Populasi sebanyak 6 orang, berdasarkan kriteria yang memenuhi hanya 2 semua dijadikan partisipan.

Hasil penelitian didapatkan pengkajian kedua partisipan memiliki keluhan yang hampir sama yaitu lemah pada anggota gerak serta aktivitas dibantu oleh keluarga dan perawat. Diagnosa utama yang diangkat oleh peneliti yaitu hambatan mobilitas fisik. Intervensi yang dilakukan yaitu promosi mekanika tubuh. Implementasi keperawatan dilakukan yaitu mengukur tekanan darah, melakukan mobilisasi (latihan ROM), melakukan perubahan posisi, serta membantu pasien dalam perawatan diri. Evaluasi keperawatan pada hari keempat terjadi peningkatan kekuatan otot pada partisipan pertama dari 4444 menjadi 5555, untuk partisipan kedua juga terjadi peningkatan kekuatan otot pada hari keempat dari 2222 menjadi 3333.

Diharapkan kepada perawat ruangan untuk memaksimalkan tindakan mobilisasi dalam melakukan latihan ROM pada pasien dan rencana tindaklanjut kepada keluarga pasien untuk perawatan pasien dirumah.

Kata Kunci :Mobilisasi, Stroke Hemoragik, Asuhan Keperawatan
DaftarPustaka :36( 2007-2017 )


Ketersediaan

KTIKP.1870070 Rez AKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
070 Rez A
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
xiii, 83 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this