No image available for this title

Text

Asuhan Keperawatan pada Pasien Stroke Hemoragik di Irna C Lantai 1 Rumah Sakit Stroke Nasional Bukittinggi Tahun 2018



Cinta Mulia Hati

“Asuhan Keperawatan pada Pasien Stroke Hemoragik di Irna C Lantai 1 Rumah Sakit Stroke Nasional Bukittinggi Tahun 2018”

xii + 81 halaman,1 gambar, 7 tabel, 12 lampiran

ABSTRAK

Stroke hemoragik merupakan pecahnya pembuluh darah diotak menyebabkan sel-sel otak dapat mengalami kerusakan bahkan kematian karena kekurangan oksigen dan nutrisi. American Heart Association (2014) mengatakan 11,3% kematian didunia disebabkan oleh stroke. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan asuhan keperawatan pada pasien stroke hemoragik di Irna C Lantai 1 Rumah Sakit Stroke Nasional Bukittinggi tahun 2018.

Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan studi kasus yaitu suatu metode penelitian yang dilakukan dengan tujuan untuk membuat gambaran atau deskriptif tentang sesuatu keadaan secara objektif. Sampel penelitian terdiri dari 2 partisipan yang diambil secara teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah format asuhan keperawatan medikal bedah. Analisis yang digunakan pada penilitian ini adalah menganalisa semua temuan pada tahapan proses keperawatan dengan menggunakan konsep dan teori keperawatan pada pasien stroke hemoragik.

Hasil penelitian didapatkan pada partisipan 1 dan 2 yaitu dengan masalah keperawatan risiko ketidakefektifan perfusi jaringan otak dengan intervensi Manajemen Edema cerebral, monitor TIK, hambatan mobilitas fisik dengan intervensi Perawatan tirah baring, peningkatan mekanika tubuh, hambatan komunikasi verbal dengan intervensi Manajemen peningkatan komunikasi verbal, gangguan menelan dengan intervensi tindakan pencegahan aspirasi. Pada evaluasi masalah keperawatan belum bisa teratasi sepenuhnya.

Disarankan melalui direktur RS Stroke Nasional Bukittinggi agar studi kasus ini dapat digunakan sebagai tambahan informasi dalam memberikan asuhan keperawatan yang lebih baik dan dapat berkolaborasi dengan tenaga kesehatan lainnya untuk berkonsultasi mengenai masalah-masalah yang terjadi pada pasien yang mengalami Stroke Hemoragik.

Kata Kunci : Stroke Hemoragik, Asuhan Keperawatan
Daftar Pustaka : 25 (2009-2017)


Ketersediaan

KTIKP.1813013 Cin AKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
013 Cin A
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this