No image available for this title

Text

Studi Deskriptif Pengetahuan, Sikap, Dan Tindakan Siswa Tentang Personal Hygiene Di SD Muhammadiyah Surau Gadang Kecamatan Nanggalo Kota Padang Tahun 2018



Nurul Aini (151110063)

Studi Deskriptif Pengetahuan, Sikap, Dan Tindakan Siswa Tentang Personal Hygiene Di Sd Muhammadiyahsurau Gadang Kecamatan Nanggalo Kota Padang Tahun 2018

Iv + 55 halaman, 8 tabel, 12 lampiran

ABSTRAK

Personal hygiene atau kebersihan diri adalah upaya seseorang dalam memelihara kebersihan dan kesehatan dalam dirinya untuk memperoleh kesehatan fisik dan bertujuan untuk mencegah timbulnya penyakit. Personal hygiene yang baik dapat menguntungkan bagi kesehatan untuk meningkatkan derajat kesehatan seseorang, mencegah timbulnya penyakit. Tetapi jika Personal hygiene yang tidak baik dapat menimbulkan infeksi saluran pernapasan, cacingan, penyakit kulit, anemia,dan flu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pengetahuan, sikap, dan tindakan siswa kelas 3-6 tentang personal hygiene di sd muhammadiyah surau gadang kota padang tahun 2018.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif yaitu melihat gambaran pengetahuan, sikap dan tindakan tentang personal higiene pada siswa SD Muhammadiyah Surau Gadang Kecamatan Nanggalo Kota Padang Tahun 2018. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas 3-6 yang berjumlah 33 siswa. Data primer diperoleh dari wawancara dengan siswa kelas III-VI menggunakan kuesioner. Data sekunder diperoleh dari data mengenai profil SD Muhammadiyah Surau Gadang yaitu jumlah siswa, dan sepuluh penyakit terbanyak tahun 2016 dan dari Dinas Kesehatan Kota Padang data penyakit kulit infeksi 22 puskesmas dikota Padang.
Hasil dari penelitian adalah menunjukan bahwa dari 33 responden, diketahui lebih dari separoh siswa tidak bersih personal hygienenya dengan persentase (66,7%), lebih dari separoh berpengetahuan rendah tentang personal hygiene (57,6%), lebih dari separoh mempunyai sikap negatif tentang personal hygiene (63,6%), lebih dari separoh siswa bersikap tidak bersih tentang personal hygiene (60,6%)
Oleh karena itu, diperlukan tindakan intervensi baik dari orang tua maupun guru di sekolah untuk pendidikan dan penyuluhan mengenai personal hygiene yang dibantu oleh pihak puskesmas terkait melalui program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).

Kata Kunci : Personal Hygiene, Pengetahuan, Sikap, Tindakan.
Daftar Pustaka : 15 (2001-2015)


Ketersediaan

KTIKL.1848048 Nur SKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
048 Nur S
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
iv, 77 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this