No image available for this title

Text

Studi Deskriptif Keberadaan Jentik Aedes aegypti Pada Kontainer di Jati Bawah Buluh Kelurahan Jati Kecamatan Padang Timur Kota Padang Tahun 2018



Nelfi

Studi Deskriptif Keberadaan Jentik Aedes aegypti Pada Kontainer di Jati Bawah Buluh Kelurahan Jati Kecamatan Padang Timur Kota Padang Tahun 2018.

vii + 35 Halaman + 6 Tabel + 7 Lampiran

ABSTRAK

Tempat perkembangbiakan nyamuk Aedes aegypti umumnya berupa tempat-tempat genangan air yang tidak langsung bersentuhan dengan tanah. Keberadaan vektor penyakit DBD dalam suatu tempat perindukan dipengaruhi oleh keberadaan penutup, letak, dan kapasitas atau volume kontainer. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keberadaan jentik Aedes aegypti pada kontainer di Jati Bawah Buluh Kelurahan Jati Kecamatan Padang Timur Kota Padang Tahun 2018.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif dan dilakukan pengambilan data di Jati Bawah Buluh Kelurahan Jati Kecamatan Padang Timur pada tanggal 3 April – 10 mei 2018, pengambilan sampel dilakukan secara Proposional Random Sampling sebanyak 122 rumah. Pengumpulan data dengan cara observasi menggunakan alat berupa checklist dan pengolahan data secara komputerisasi dengan analisis univariat.
Hasil penelitian menunjukan jenis kontainer yang banyak ditemukan yaitu tempat penampungan air sebanyak 297 buah. Karakteristik tempat penampungan air yang tidak ada tutup sebanyak 262 buah terletak di dalam sebanyak 260 buah, dan berukuran kecil dari 50 liter sebesar 235 buah. Kontainer yang banyak ditemukan jentik yaitu pada bak mandi sebesar 12 buah.
Untuk mengurangi terdapatnya jentik pada tempat perindukan nyamuk Aedes aegypti diharapkan masyarakat untuk memperhatikan kondisi kontainer untuk dapat memutus mata rantai penularan penyakit DBD dengan melakukan program 3M Plus minimal 1 kali seminggu.


Kata Kunci : Aedes aegypti, Keberadaan Jentik, Karakteristik Kontainer.
Daftar Pustaka : 20 (2004-2016)


Ketersediaan

KTIKL.1845045 Nel SKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
045 Nel S
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
vii, 42 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this