No image available for this title

Text

Studi Deskriptif Tentang Personal HygieneIbu Rumah Tangga Di Kelurahan Sei Sapih Kecamatan Kuranji Kota Padang Tahun 2018



Liani Arifa

Studi Deskriptif Tentang Personal HygieneIbu Rumah Tangga Di Kelurahan Sei Sapih Kecamatan Kuranji Kota Padang Tahun 2018

vi + 46 halaman + 7 tabel + 7 lampiran

ABSTRAK

Personal Hygiene adalah suatu tindakan untuk memelihara kebersihan dan kesehatan seseorang untuk kesejahteraan, baik fisik maupun psikisnya.Personal HygieneIbu juga berkontribusi meningkatkan kasus berbagai penyakit, ibu merupakan orang terdekat dengan anggota keluarga yang mengurus segala sesuatu, seperti menyiapkan makanan/minuman.Perilaku ibu yang tidak hygiene seperti tidak mencuci bersih peralatan masak dan makanan, dapat menyebabkan anggota keluarga terkena penyakit, namun kadang masih dianggap kurang penting, ini terjadi karena kurangnya sosialisasi akan pentingnya personal hygiene khususnya terhadap ibu rumah tangga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Studi Deskriptif Personal HygieneIbu Rumah Tangga di Kelurahan Sei. Sapih Kecamatan Kuranji Kota Padang.

Desain penelitian ini bersifat Analitik, penelitian ini dilakukan di RW 004 RT 001 Kelurahan Sei. Sapih Kecamatan Kuranji Kota Padang. Jumlah sampel 97 ibu rumah tangga. Pengambilan data primer dengan wawancara, data sekunder merupakan dokumen Dinas Kesehatan Kota Padang dan Puskesmas Belimbing. Selanjutnya dilakukan analisis univariat.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan diketahui kebersihan kulit 79,4%, kebersihan kuku tangan dan kaki 89,7%, kebersihan gigi 79,4%, kebersihan rambut 75,3%, kebersihan mata telinga dan hidung 55,7%.

Kesimpulan dari penelitian ini terbukti bahwa Personal Hygiene ibu rumah tangga di Kelurahan Sei. Sapih masih kategori Personal Hygiene tidak baik.

Kata Kunci : Personal Hygiene, Ibu Rumah Tangga, Kelurahan Sei. Sapih
Daftar Bacaan : 21 (2005-2017)


Ketersediaan

KTIKL.1824024 Lia SKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
024 Lia S
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
vi, 53 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this