No image available for this title

Text

Perbedaan Tingkat Pengetahuan, Sikap, Dan Tindakan Personal Hygiene Sebelum dan Sesudah Dilakukan Penyuluhan Terhadap Siswa Kelas IV SDN 38 Kelurahan Lubuk Buaya Kecamatan Koto Tangah Kota Padang Tahun 2018



Ismaul Khairo

Perbedaan Tingkat Pengetahuan, Sikap, Dan Tindakan Personal Hygiene Sebelum dan Sesudah Dilakukan Penyuluhan Terhadap Siswa Kelas IV SDN 38 Kelurahan Lubuk Buaya Kecamatan Koto Tangah Kota Padang Tahun 2018
ix + 50 halaman + 6 tabel + 8 lampiran

ABSTRAK

Personal Hygiene adalah kebersihan diri sendiri yang dilakukan untuk mempertahankan kesehatan, baik secara fisik maupun psikologis. Di SDN 38 Lubuk Buayamasih terdapat siswa yang Personal Hygiene kurang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui Perbedaan Tingkat Pengetahuan, Sikap, dan Tindakan personal hygiene sebelum dan sesudah dilakukan penyuluhan terhadap Siswa Kelas IV SDN 38 Lubuk Buaya.
Penelitian ini bersifat pra-eksperimen yaitu bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Tingkat Pengetahuan, Sikap, dan Tindakan Personal Hygiene Sebelum dan Sesudah Dilakukan Penyuluhan Terhadap Siswa Kelas IV SDN 38 Lubuk Buaya. Sampel diambil adalah 67 siswa. Data primer diperoleh siswa kelas IV SDN 38 Lubuk Buaya. Metode yang digunakan adalah total sampling.
Hasil penelitian dari 67 siswa diwawancarai sebelum penyuluhan diperoleh Pengetahuan sebanyak 30 siswa (44,8)% berpengetahuan rendah, dan sesudah dilakukan penyuluhan pengetahuan sebanyak 58 siswa (86,6%) berpengetahuan tinggi, sikap sebelum dilakukan penyuluhan diperoleh sebanyak 31 siswa (46,3%) bersikap negatif, dan sesudah dilakukan penyuluhan (85,1%) bersikap positif, tindakan sebelum dilakukan penyuluhan kurang baik sebanyak 37 siswa (55,2%) dan sesudah dilakukan penyuluhan tindakan siswa baik sebanyak 49 siswa (73,1%).
Disarankankepadapihak Puskesmas lebih mengoptimalkanUnitKesehatan Sekolah (UKS) disetiap sekolah wilayah kerjapuskesmas.





Daftar bacaan : 15 (2009-2016)
Kata kunci: Pengetahuan, Sikap, dan Tindakan Personal Hygiene


Ketersediaan

KTIKL.1822022 Ism PKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
022 Ism P
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
ix, 58 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this