No image available for this title

Text

Perbedaan Pengetahuan, Sikap Dan Tindakan Sebelum Dan Sesudah Diberikan Penyuluhan Tentang Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Pada Siswa SDN 18 Labuhan Tarok Kecamatan Bungus Teluk Kabung Kota Padang Tahun 2018



Meiyofilani
151110022
Perbedaan Pengetahuan, Sikap Dan Tindakan Sebelum Dan Sesudah Diberikan Penyuluhan Tentang Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Pada Siswa SDN 18 Labuhan Tarok Kecamatan Bungus Teluk Kabung Kota Padang Tahun 2018
viii + 57 halaman + 12 tabel + lampiran

ABSTRAK

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) disekolah merupakan sekumpulan perilaku yang dipraktikkan oleh peserta didik, guru dan masyarakat lingkungan sekolah. Perilaku siswa membuang sampah sembarangan serta membeli makanan jajanan disembarang tempat dapat menyebabkan siswa menderita penyakit diare. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan pengetahuan, sikap dan tindakan sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan tentang PHBS pada siswa SDN 18 Labuhan Tarok Kecamatan Bungus Teluk Kabung Kota Padang.
Desain penelitian inibersifat Analitik, penelitian dilakukan di SDN 18 Labuhan Tarok Kecamatan Bungus Teluk Kabung Kota Padang dimana penelitian ini dilakukan dengan dua kali uji yaitu uji sebelum perlakuan dan uji sesudah perlakuan. Populasi sebanyak 50 siswa yang berasal dari kelas III, IV dan V. Pengambilan sampel dengan total sampling, sampel sebanyak 50 siswa yang terdiri dari kelas III, IV, dan V.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan diketahui rata-rata pengetahuan sebelum penyuluhan 30,04, sesudah penyuluhan 33,12, rata-rata sikap sebelum penyuluhan 28,48, sesudah penyuluhan 33,04, rata-rata tindakan sebelum penyuluhan 3,40, sesudah penyuluhan 5,82 dan ada perbedaan yang signifikan pengetahuan, sikap dan tindakan siswa sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan PHBS dengan p value 0,0001 ( p< 0,05).
Untuk pihak sekolah agar menyediakan kantin sekolah dan UKS , sarana untuk CTPS, dan membuat jadwal khusus untuk kegiatan pemberantasan jentik nyamuk disekolah. Untuk siswa agar selalu membiasakan CTPS, membunag sampah pada tempatnya, memberantas jentik nyamuk, mengkonsumsi makanan jajanan yang sehat, dan selalu mengukur TB dan BB setiap 6 bulan sekali. Untuk pihak puskesmas agar melakukan penyuluhan PHBS disekolah secara rutin dan melakukan pengukuran TB dan BB kepada siswa setiap 6 bulan sekali.

Kata Kunci : Pengetahuan, Sikap, Tindakan, PHBS, Penyuluhan
Daftar Bacaan : 17 (2003-2017)


Ketersediaan

KTIKL.1833033 Mei PKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
033 Mei P
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
viii, 57 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this