No image available for this title

Text

Studi Deskriptif Perilaku Dan Sarana Personal Hygiene Siswa di SDN 03 Lubuk Alung Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman Tahun 2018



UFI NORITA
Studi Deskriptif Perilaku Dan Sarana Personal Hygiene Siswa di SDN 03 Lubuk Alung Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman Tahun 2018

Vi + 53 halaman, 6 tabel, 8 lampiran


ABSTRAK

Personal hygiene merupakan kebersihan diri sendiri yang dilakukan untuk mempertahankan kesehatan, baik secara fisik maupun psikologis. Personal hygiene adalah kebersihan dan kesehatan perorangan yang bertujuan untuk mencegah timbulnya penyakit pada diri sendiri maupun orang lain. Di SDN 03 Lubuk Alung Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman masih terdapat kuku siswa yang panjang dan kotor, pakaian yang tidak bersih dan rapi, serta gigi siswa yang masih belum bersih. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana Perilaku Personal Hygine Siswa di SDN 03 Lubuk Alung Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman.

Penelitian ini bersifat deskriptif yaitu bertujuan untuk memperoleh gambaran perilaku personal hygiene siswa di SDN 03 Lubuk Alung Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman. Yang menjadi sampel adalah siswa kelas IV dan kelas V yang berjumlah 40 siswa. Data primer diperoleh dari wawancara dan observasi dengan siswa kelas IV dan kelas V SDN 03 Lubuk Alung menggunakan kuesioner.

Hasil penelitian dari 40 siswa yang diwawancarai dan observasi diperoleh pengetahuan siswa rendah sebanyak 16 siswa dengan persentase sebesar 40%, sikap siswa kurang baik sebanyak 17 siswa dengan persentase sebesar 42,5%, dan tindakan siswa tidak baik sebanyak 19 siswa dengan persentase sebesar 47,5%, dan juga fasilitas sanitasinya seperti tempat UKS, perlengkapan P3K dan tempat cuci tangan belum memenuhi syarat.

Disarankan kepada pihak pengelola SDN 03 Lubuk Alung Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman agar dapat lebih memfasilitasi, memberikan penyuluhan mengenai personal hygiene (kebersihan diri) kepada siswanya serta memberi bahan ajar kepada siswa-siswi tentang personal hygiene.



Daftar bacaan : 11 (2007-2015)
Kata Kunci : Perilaku Personal Hygiene Siswa SDN 03 Lubuk Alung


Ketersediaan

KTIKL.1869069 Ufi SKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
069 Ufi S
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
vi, 61 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this